Beauty - 22 September 2021

Apa Itu Exfoliating dan Rekomendasi Skincare Korea untuk Kulit Glowing

Tara - 22 September 2021
Apa Itu Exfoliating dan Rekomendasi Skincare Korea untuk Kulit Glowing

Teman iStyle pasti sudah gak asing lagi dengan istilah exfoliating yang sering disebut di produk skincare Korea, kan? Atau ada yang masih bingung dengan apa itu exfoliating dan bagaimana cara yang benar?

Kalau ada yang masih bingung dengan exfoliating atau memilih produk exfoliating yang pas untuk kulit, jangan khawatir. K-Hub akan mengupas tuntas tentang step skincare yang lagi hits ini.

Sumber foto: Google

Apa Itu Exfoliating dan Apa Saja Manfaatnya?

Sederhananya, exfoliating adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan wajah kita. Pertanyaannya, kenapa ya sel kulit mati harus kita bersihkan sendiri, bukannya dibiarkan saja hilang dengan sendirinya?

Kulit kita mengeluarkan sel-sel mati dengan sendirinya untuk diganti dengan sel-sel kulit yang baru. Proses ini berlangsung dalam siklus 30 hari, di mana sel-sel kulit mati ini dilepaskan sehingga sel-sel yang baru bisa tumbuh di kulit kita.

Masalahnya, proses melepaskan sel kulit mati ini kadang gak optimal, jadi masih ada sisanya di kulit kita. Akibatnya, wajah terlihat kering dan terlihat bersisik, dan yang lebih parah, pori-pori wajah pun tersumbat.

Baca juga: Bikin Kulit Jadi Lebih Sehat, Kandungan Alami Ini Terdapat dalam Produk Skincare Korea

Itulah alasannya mengapa kita harus melakukan exfoliating, agar sisa sel kulit mati itu benar-benar hilang dari wajah kita. Exfoliating juga bikin wajah kita semakin cerah, serta produk skincare lainnya yang kita gunakan, seperti toner, serum, dan krim menyerap lebih sempurna.

Gak berhenti sampai di situ, exfoliating wajah juga bisa meningkatkan produksi kolagen di wajah kita. Nah, kolagen ini bisa bikin wajah semakin kencang, glowing, bahkan menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Yang lebih menguntungkan lagi, exfoliating ini bisa menghindari pori-pori wajah tersumbat. Jadi, gak ada lagi drama karena komedo dan jerawat yang akan menghantui Teman iStyle berkat exfoliating ini.

Baca juga: Ini Cara Menggunakan Sunscreen yang Pas biar Kulitmu Gak Gosong

Sumber foto: Instagram (official.apink.2011)

Bagaimana Cara Exfoliating Wajah yang Benar?

Sebelum exfoliating, lebih baik perhatikan dulu tipe kulitmu, apakah normal, berminyak, kering, atau sensitif. Kondisi kulit yang berbeda ini harus dirawat dengan proses exfoliating yang cocok sehingga tidak terjadi iritasi.

Kalau jenis kulitmu normal, Teman iStyle bisa menggunakan semua teknik dan produk exfoliating apapun tanpa efek samping. Sedangkan pemilik kulit sensitif harus menggunakan produk yang mengandung BHA yang bisa mengurangi iritasi akibat exfoliating.

Baca juga: Patut Dicoba Skincare Korea FEMMUE yang Bikin Awet Muda!

Teman iStyle yang kulitnya bertipe kering ini lebih cocok menggunakan eksfoliator yang mengandung AHA, sehingga bisa produk skincare lainnya menyerap lebih dalam. Buat pemilik kulit berminyak, cobalah skincare eksfoliator yang kuat, atau bisa menggunakan electric brushes, karena bisa menghilangkan minyak dan sel kulit mati.

Ada juga tipe kulit kombinasi, yang cocok menggunakan eksfoliator untuk kulit kering dan berminyak secara bergantian. Maksudnya, kalian bisa menggunakan eksfoliator yang mengandung AHA di area kulit kering dan electric brushes di area wajah yang berminyak.

Buat yang kulitnya bertipe acne-prone, kamu tetap bisa, kok, melakukan exfoliating wajah. Gunakan eksfoliator dengan bahan retinoids, glycolic acid, dan salicylic acid yang aman untuk kulit berjerawat.

Baca juga: Clean Beauty Lagi Jadi Tren, Cari Tahu Rekomendasi Produk Terbaiknya

Apa Saja Rekomendasi Skincare Korea untuk Exfoliating?

K-Hub juga mau memberikan rekomendasi lima skincare Korea yang cocok buat exfoliating.

Sumber foto: iStyle

1. COSRX One Step Original Clear Pad

Selain kulit normal, Teman iStyle yang punya kulit berminyak, acne-prone atau kombinasi cocok menggunakan produk ini. Kandungan willow bark dan betaine salicylate di dalamnya mampu mengeksfoliasi wajah tanpa membuatnya kering.

Ketika pads ini diaplikasikan di wajah, bahan-bahannya akan menyerap lebih dalam di kulitmu, sehingga sel kulit mati dan kotoran pun hilang. Oh iya, ada juga bahan tea tree oil yang bisa menghalangi munculnya jerawat di wajah.

Baca juga: Mencerahkan Wajah dengan Krim 'One days you Pro Vita-C'

Sumber foto: Google

2. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

Siapa yang ingin merasakan sensasi detoks yang melegakan saat melakukan exfoliating? Teman iStyle bisa menggunakan pore clay mask keluaran Innisfree ini, karena bisa memberikan sensasi yang menyegarkan saat digunakan.

Produk ini mampu menyerap minyak berlebih dan kotoran akibat polusi yang menyumbat pori-pori di wajah. Sayangnya, produk ini gak cocok digunakan untuk kulit kering.

Baca juga: 7 Brand Skincare Korea untuk Mencerahkan Wajah Agar Glowing

Sumber foto: Google

3. Secret Key Lemon Sparkling Peeling Gel

Apapun jenis kulitmu, kamu bisa menggunakan pembersih sekaligus peeling gel ini. Produk ini mengandung ekstrak lemon yang mampu menghilangkan sel kulit mati dan dark spot di wajah.

Baca juga: Sorn CLC Bagi Tips Skincare Routine Sebelum Tidur

Kandungan hyaluronic acid dengan Centella Asiatica juga bisa memberikan efek yang menenangkan, gak heran kulit acne-prone pun bisa menggunakannya. Hasilnya, wajah terlihat lebih cerah dan pori-pori pun mengecil.

Sumber foto: iStyle

4. Neogen Dermalogy Gauze Peeling Wine

Bentuknya sama seperti produk COSRX tadi, yaitu merupakan exfoliating pads. Di dalamnya, ada formula resveratrol yang mengandung AHA, sehingga bisa menghilangkan sel kulit mati.

Gak cuma itu, kulit pun terlihat lebih halus dan bersinar berkat produk ini. Kamu bisa dapatkan Neogen Dermalogy Gauze Peeling Wine di iStyle dengan harga spesial, lho.

Baca juga: Rahasia Perawatan Tubuh ala Selebriti Korea yang Bikin Kulit Glowing Maksimal

Sumber foto: Skinfood

5. SkinFood Black Sugar Mask Wash Off

Nah, produk exfoliating yang terakhir ini cocok digunakan untuk Teman iStyle yang memiliki kulit kering. Kandungan black sugar dan shea butter di dalamnya bisa mengurangi iritasi akibat exfoliating, sehingga bisa memberikan efek menenangkan.

Oh iya, produk ini bebas dari bahan kimia yang berbahaya untuk kulit, seperti parabens, alkohol atau mineral oil. Buat yang punya kulit sensitif dan acne-prone, jangan pilih produk ini, ya, karena kandungan exfoliating-nya sangat kuat.

Baca juga: Biasakan Pakai Handcream yang Penting Buat Kulitmu!

Nah, Teman iStyle sudah tahu apa itu exfoliating dan apa saja produknya yang cocok digunakan untuk jenis kulit tertentu, kan? Kalau Teman iStyle antusias banget dengan skincare Korea, jangan lupa kunjungi kolom Beauty di K-Hub, ya!

Comments

You must Register or Login to post a comment.