K-Pop Zone - 07 September 2021

Cerita Lengkap Awal Debut BTS yang Penuh Perjuangan

Tara - 07 September 2021
Cerita Lengkap Awal Debut BTS yang Penuh Perjuangan

BTS sudah menjadi fenomena di dalam dunia musik internasional. Teman iStyle pasti juga sudah menjadi ARMY yang selalu mendukung ketujuh member ini, tapi apakah kamu tahu awal debut BTS itu seperti apa?

Jika dibandingkan dengan beberapa boyband besar lainnya, BTS memang lahir dari agensi kecil yang jarang mendapatkan sorotan. Namun kerja keras mereka membuahkan hasil manis.

Inilah perjalanan BTS yang penuh perjuangan hingga menjadi boyband nomor satu pada saat ini!

Sejarah Awal Debut BTS

Kiprah BTS di dunia musik memang penuh lika-liku, bahkan belum banyak yang menyadari betapa sulitnya mereka untuk berada di puncak popularitas. Itulah mengapa Teman iStyle harus tahu perjalanan mereka di sini.

Sumber foto: Google

1. Mengawali Debut dengan ‘No More Dream’

Big Hit Entertainment memutuskan untuk membuka audisi untuk anggota BTS, setelah diawali RM sebagai member pertama. Saat itu Suga menjadi member kedua. 

Selanjutnya ada J-Hope yang sebenarnya adalah seorang dance crew dan pernah ikut audisi JYP Entertainment. Kemudian diikuti Jungkook yang sempat diincar 7 agensi sekaligus. Lalu akhirnya BTS menjadi lengkap ketika Jimin bergabung sebagai member terakhir BTS.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Lagu Kpop Ballad yang Dijamin Bikin Baper

Pada tahun 2013, BTS merilis lagu debut mereka yang berjudul ‘No More Dream’. Itulah lagu yang menjadi batu pijakan pertama BTS di peta musik Korea.

Sumber foto: Google

2. Tinggal di Dorm yang Kecil

Seperti grup Kpop lainnya, BTS juga tinggal di sebuah dorm atau asrama. Namun khusus untuk BTS, mereka tinggal di dorm kecil dengan tidur di ranjang susun.

Namun dari sana malah menciptakan kebersamaan yang kental. Kekompakan mereka dari dulu hingga sekarang menjadi salah satu alasan mengapa BTS bisa sukses. 

Sumber foto: Google

3. Tampil di KCON Los Angeles

BTS merilis ‘Boys In Luv’ dengan konsep cowok sekolahan pada tahun 2014. Saat itu BTS sukses menjual 200 ribu kopi album seperti yang dilansir chart Gaon. 

Dari sinilah BTS mulai mendapatkan popularitas secara perlahan. Buktinya, mereka menjadi salah satu penampil dalam KCON Los Angeles.

Sumber foto: Google

4. Menjalani Tur Pertama di Jepang

Big Hit Entertainment melihat bagaimana potensi BTS yang bisa terus diasah. Setelah merilis album ‘Dark and Wild’, pada tahun 2015 berjalanlah tur pertama mereka di Jepang dengan tajuk ‘Wake Up: Open Your Eyes’

Hebatnya lagi, pada tahun yang sama BTS juga meraih banyak sekali penghargaan. Dimulai dari World Rookie Award Gaon Chart Music Awards, Disk Bonsang Golden Disc Awards, Best World Performer Mnet Asian Music Awards, dan lainnya.

Sumber foto: Google

5. Masuk ke Billboard Chart

Pada tahun 2015 BTS juga berhasil masuk ke Billboard’s World Digital Chart dengan lagu ‘Dope’. Lagu tersebut menjadi bagian dari album ‘The Most Beautiful Moment in Life, Part 1’.

Baca Juga: Begini Outfit Tipe Ideal Member BTS, Mana Yang Cocok Denganmu?

Selain lagu ‘Dope’, masih ada lagu ‘I Need You’ yang mampu menarik hati fans lama dan baru. Pada tahun yang sama, BTS juga tampil eksklusif di Billboard Studios dan menjadi brand ambassador PUMA.

Sumber foto: Google

6. Album ‘Wings’ yang Berbuah Manis

BTS terus merilis berbagai karya dari tahun ke tahun. Tapi album paling besar untuk mengukuhkan nama mereka di dunia musik adalah ‘Wings’.

Berkat lagu seperti ‘Run’, ‘Fire’, ‘Save Me’, dan ‘Blood Sweat Tears’ yang telah ditonton puluhan bahkan ratusan juta kali di YouTube membuat mereka meraih kategori penghargaan paling bergengsi di MAMA 2017, yaitu Artist of the Year.

Untuk pasar Jepang sendiri, BTS melebarkan sayap di sana. Mereka merilis album studio kedua berjudul ‘Youth’.

Sumber foto: Google

7. Konser di Indonesia

2017 memang menjadi tahun paling manis untuk ARMY dan BTS sendiri. Mereka menggelar BTS Live Trilogy Episode III (Final Chapter): The Wings Tour di 40 titik. Dari Australia, Amerika Serikat, Brasil, hingga Indonesia. 

Bener banget, BTS sebenarnya sudah pernah konser di Indonesia pada tahun 2017 silam, lebih tepatnya pada 29 April 2017. Apakah kamu menjadi salah satu saksi hidup pada waktu itu?

Sumber foto: Google

8. BTS For the World

Berangkat dari tur dunia, popularitas BTS sudah tidak bisa dihentikan lagi. Mereka bekerja sama dengan UNICEF untuk kampanye ‘Love Myself’ dengan misi menjaga dan mendukung anak-anak serta remaja korban kekerasan.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Lagu Kpop Ballad yang Dijamin Bikin Baper

Kemudian mereka tampil di talkshow ternama Ellen Show dan The Late Late Show. BTS juga memberikan kejutan kepada ARMY dengan menggaet DJ Steve Aoki untuk merilis ‘Mic Drop’ versi remix

Bisa dibilang saat ini BTS sudah menjadi milik ARMY dan dunia. Perjalanan mereka dari perjuangan bisa menjadi cerminan diri bahwa kita tetap harus berjuang dalam hidup karena pada akhirnya, usaha gak akan mengkhianati hasil. 

Selain informasi tentang awal debut BTS, K-Hub masih memiliki beragam artikel menarik lainnya tentang dunia Kpop, dari fashion hingga beauty. Yuk, cek K-Hub sekarang juga!

Comments

You must Register or Login to post a comment.