Lifestyle - 04 September 2021

Gimana Sih Weekend ala Orang Korea itu?

Agatha Febry - 04 September 2021
Gimana Sih Weekend ala Orang Korea itu?

Gaya hidup orang Korea memang selalu menarik buat diamati. Gak jauh berbeda dengan di Indonesia, hari Sabtu atau malam Minggu merupakan saat mereka untuk dapat beristirahat dan menikmati satu hari dengan berbagai aktivitas melepas penat lainnya. 

Berbeda dengan orang di Indonesia, orang Korea punya aktivitas malam Minggu yang terbagi dalam tiga ronde. Tiga ronde tersebut memiliki istilahnya masing-masing, yang disebut dengan llcha, Yicha, dan Samcha. 

Ketiganya memiliki arti ronde pertama, ronde kedua dan ronde ketiga. Teman iStyle penasaran dengan aktivitas yang dilakukan dalam ke-3 ronde tersebut? Yuk Simak yang satu ini!

Sumber foto: Google

Ronde Pertama - Ilcha (일차)

Hal yang dilakukan oleh orang korea di ronde pertama adalah menikmati sajian makanan yang lezat. Biasanya di ronde yang dinamakan ilcha ini, orang Korea menikmati sajian makanan berupa daging galmaegi yang dimasak BBQ. 

Di Korea sendiri, ada restoran yang memang terkenal dengan daging galmaeginya yaitu Mapogalmaegi. Banyak orang Korea menghabiskan malam minggunya dengan menikmati sajian makanan lezat dari restoran ini. 

Tapi, beda kota pasti beda pula rekomendasi restoran yang dikunjungi oleh mereka, cuma yang satu ini adalah resto yang lumayan terkenal memiliki franchise yang tersebar di penjuru kota. Eits, Teman iStyle gak perlu sedih. 

Kamu bisa mencoba sajian makanan dari restoran ini di Mall Puri, Jakarta Barat. For your information, daging galmaegi sendiri merupakan daging yang terletak dibagian bawah tulang-tulang rusuk dan terkenal memiliki cita rasa yang berbeda dengan bagian daging yang lain. 

Ada satu tips and trick untuk membuat daging galmaegi kamu lebih sedap nih. Jangan terlalu lama membakar daging galmaegi yang kamu miliki, hal tersebut menyebabkan rasanya menjadi kurang enak. 

Tapi tetap pastikan dagingnya sudah matang sempurna sebelum disantap. Untuk menemani makan daging galmaegi, ada beberapa makanan berat seperti nasi ataupun mie yang bisa dipesan setelah selesai atau di pertengahan saat makan makanan utamanya.

Baca Juga:

Apa Aja Sih Manfaat Kimchi Buat Kesehatan?

Jumeok Bap, Bola Nasi Enak Khas Korea

3 Tempat Autentik Berburu Street Food di Seoul

Sumber foto: Google

Ronde Kedua - Yicha (이차)

Setelah menyantap galmaegi di ronde pertama, mereka akan melanjutkannya ke ronde kedua yaitu yicha. Biasanya, mereka mengisi ronde kedua ini dengan pergi ke tempat minum beer.

Entah itu bar ataupun cafe, pokoknya mereka akan ke tempat yang menyediakan aneka beer. Saat perut sudah kenyang, mereka membutuhkan tempat yang cocok untuk chill dan melakukan small talk dengan rekan-rekannya. 

Maka dari itu mereka pergi ke tempat tersebut sambil duduk manis, berbagi cerita dan gosip sambil nongkrong. Biar acara nongkrong makin seru, mereka biasanya memesan beberapa snack yang ringan. 

Gak jarang juga mereka pergi ke tempat-tempat seperti Hongdae ataupun Daehakro yang merupakan daerah pusat berkumpulnya anak muda di Seoul. Kedua tempat tersebut terkenal dengan hiburan malam yang seru, dengan dihiasi beberapa lounge karaoke dan club yang menampilkan musik techno, hip-hop, dan rock secara live.

Ya mungkin kalau di Indonesia, ronde kedua ini dilakukan dengan ngopi di coffee shop ataupun bar favorit anak muda jaman sekarang. 

Sumber foto: Google

Ronde Ketiga - Samcha (삼차)

Habis nongkrong biasanya orang Korea melanjutkan malam minggunya dengan mengganti suasana di ronde ketiga yaitu samcha. Tempat yang paling umum dijadikan tujuan ronde ketiga adalah norebang atau karaoke. 

Cara refreshing ini cukup banyak dilakukan orang-orang Korea menuju tengah malam hingga larut pagi. Mereka yang lelah bekerja satu minggu bisa mendapatkan hiburan dengan menikmati musik dan berbagi kegembiraan di tempat karaoke tersebut. 

Gak jarang mereka melewatkan ronde ini karena dianggap sudah melakukannya sekaligus di ronde kedua tadi. Tapi di sisi lain, sebagian orang juga gak mau melewatkan ronde yang satu ini untuk melengkapi malam minggu mereka. 

Secara keseluruhan, ketiga ronde yang dilakukan oleh orang Korea di malam minggu gak jauh berbeda dengan aktivitas yang Teman iStyle biasa lakukan ya! Mulai dari menikmati makan besar, chill dan santai dengan segelas kopi ataupun beer, dan ditutup dengan karaoke sambil berbagi kegembiraan bersama teman. 

Yang jelas berbeda adalah mereka memiliki sebutannya masing-masing untuk menamai ketiga ronde tersebut. Teman iStyle bisa cari tau tentang berbagai Korean lifestyle hanya di K-Hub dan kamu juga bisa mendapatkan semua makanan dan kebutuhan ala Korea di #iStyleBaruKorea, daebak!

Comments

You must Register or Login to post a comment.