Beauty - 02 September 2021

Tepuk Pipi 50 Kali, Ini Deretan Ritual Kecantikan Unik Korea

Agatha Febry - 02 September 2021
Tepuk Pipi 50 Kali, Ini Deretan Ritual Kecantikan Unik Korea

Kalau ngomong-ngomong soal perawatan kulit wajah dan tubuh, pasti gak akan jauh-jauh dari ritual kecantikan yang dilakukan cewek-cewek Korea. Gak kaget kalau segudang ritual kecantikan yang mereka miliki membuat kesehatan kulit mereka terjaga. 

Dari menepuk pipi sebanyak 50 kali sampai aturan 10 detik ada pada ritual kecantikan mereka. Kira-kira apa dan bagaimana aja sih ritual kecantikan mereka? Teman iStyle bisa simak di bawah ini! 

Sumber foto: Shutterstock

Tepuk Pipi 50 Kali 

Tepuk pipi sebanyak 50 kali? Yups, salah satu ritual kecantikan dari Korea ini dilakukan dengan cara menepuk pipi sebanyak 50 kali. 

Tentunya aktivitas ini dilakukan dengan tujuan tertentu ya. Menepuk pipi sampai 50 kali ini berguna supaya sirkulasi darah di area wajah menjadi lancar. 

Jika aliran darah di area wajah lancar, rona alami yang ada pada wajah dapat terlihat. Mereka juga meyakini dengan menepuk pipi sebanyak 50 kali, kulit wajah mereka dapat menjadi awet muda. 

Mungkin ini terdengar gak wajar, tapi untuk sejumlah wanita Korea, semakin keras tepuk yang dilakukan pada wajah semakin cantik pula pancaran kulit wajah dari seseorang. Oh ya, menepuk pipi sebanyak kurang lebih 50 kali ini termasuk ritual kecantikan untuk perawatan kulit yang populer di Korea lho! 

Sebenarnya ritual yang satu ini bisa disamakan dengan melakukan totok. Hal ini dikarenakan dengan menepuk wajah, aliran darah pada wajah akan semakin lancar dan juga dapat memperkuat otot kulit.

Sumber foto: Shutterstock

Double Cleansing

Teman iStyle pasti sering dengar kan yang satu ini? Teknik atau ritual kecantikan membersihkan wajah dengan 2 tahapan ini banyak digunakan oleh sebagian besar orang di berbagai penjuru dunia lho! 

Membersihkan wajah secara menyeluruh atau deep cleansing merupakan ritual harian yang wajib diaplikasikan di Korea. Bahkan hal ini dianggap sebagai suatu kebiasaan yang jika gak dilakukan akan terasa aneh. 

Seperti namanya, double cleansing ini terdiri dari 2 tahap. Pertama, Teman iStyle bisa menggunakan pembersih berbahan dasar minyak untuk menghapus makeup, seperti cleansing oil dan semacamnya. 

Kedua, mencuci wajah dengan sabun pembersih atau cleansing foam untuk hasil maksimal. Kamu wajib menyesuaikan produk cleansing oil dan cleansing foam yang kamu gunakan dengan kondisi wajahmu. 

Salah satu produk yang recommended untuk kamu adalah cleansing foam dari Pyunkang Yul. Kamu wajib mencobanya!

Oh ya, for your information, sebagian besar orang Korea juga mencuci wajahnya dengan rendaman air beras lho! Rutinitas ini dilakukan oleh wanita Korea sejak zaman dulu. 

Selain menjadi pelembab alami, air rendaman beras ini juga diyakini dapat ikut membantu memperlambat penuaan alias anti aging. Dapat mengurangi flek hitam, menyamarkan kerutan, dan mencerahkan kulit juga menjadi sederet manfaat dari air rendaman beras ini. 

Sumber foto: Shutterstock

Aturan 10 detik

Cewek Korea punya kebiasaan gak mau menunggu lama untuk memulai perawatan kulit. Maka dari itu, muncullah rutinitas yang satu ini. 

Aktivitas perawatan wajah dengan aturan 10 detik ini membutuhkan kecepatan tangan dalam mengaplikasikan krim pelembab atau moisturizer di malam hari. Hal itu dilakukan setelah mandi dengan air hangat pada sore atau malam hari. 

Mereka percaya bahwa kulit cuma punya waktu 10 detik untuk terhidrasi dan menyerap seluruh kandungan moisturizer yang bermanfaat. Jika terlalu lama mengaplikasikan moisturizer, kulit wajah kamu akan menjadi kering dan gak bisa menyerap moisturizer dengan sempurna. 

Semakin cepat Teman iStyle menggunakan produk kecantikan setelah mandi, semakin efektif juga kerja produk tersebut untuk mengunci kelembapan kulit. Teman iStyle sudah siap mengaplikasikannya?

Sumber foto: Shutterstock

Rajin Pakai Sheet Mask

Sebagai negara yang mempopulerkan sheet mask, pasti ritual yang satu ini gak pernah ditinggalkan. Masker wajah yang juga merupakan produk kecantikan wajah Korea paling populer ini berbentuk seperti lembaran kertas memiliki beragam jenis dengan aneka manfaat. 

Manfaat tersebut seperti untuk melembabkan, mencerahkan, mengatasi kulit berminyak, dan hampir semua masalah kulit. Seiring berjalannya waktu, berbagai brand juga memproduksi sheet mask dengan berbagai varian aroma dan kemasan. 

Mereka berlomba-lomba untuk memberikan sajian kemasan yang ringkas dan menarik, pemakaian yang mudah, dan didukung dengan harga yang bersahabat. Bisa dibilang masker yang satu ini bisa digunakan oleh semua kalangan karena harganya yang gak terlalu mahal dan banyak ditemukan di berbagai store pinggir kota. 

Hampir semua orang di Korea menyimpan dan membawa masker wajah kemanapun, dan menggunakannya setiap ada kesempatan. Gak ada salahnya Teman iStyle mencoba menerapkan rutinitas ini setiap harinya! 

Sumber foto: Shutterstock

Rutin Pakai Sunscreen

Sedini mungkin, para cewek di Korea sudah sangat aware terhadap kesehatan kulit. Mereka bahkan sudah mencegah penuaan sejak usia yang terbilang sangat muda. 

Untuk melindungi mereka dari sinar matahari, kebanyakan orang Korea memasukkan sunscreen atau tabir surya di setiap ritual perawatan wajah mereka. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan mereka dari sinar matahari langsung.

Bisa dibilang menggunakan sunscreen merupakan ritual yang sudah mendarah daging dan dilakukan setiap waktu. Dan memang benar, sinar ultraviolet tetap berbahaya meski Teman iStyle gak terkena cahaya matahari langsung. 

Sunscreen gak cuma kamu pakai saat keluar rumah ya. Saat di dalam rumah pun kamu wajib menggunakan sunscreen dengan jarak maksimal 3-4 jam sekali. 

Karena sunscreen dapat melindungi dari sinar matahari maupun sinar ultraviolet, produk kecantikan yang satu ini bisa menjadi produk yang bersifat anti aging untuk kamu pakai sehari-hari. 

Teman iStyle pasti udah siap untuk mencoba salah satu ritual kecantikan dari orang Korea diatas kan? Kamu bisa menemukan perawatan wajah dan kecantikan yang kamu butuhkan cuma di iStyle.id

Tunggu apa lagi? Segera lengkapi produk perawatan wajah kamu dan dapatkan kulit wajah yang kamu impikan! 

Comments

You must Register or Login to post a comment.