Beauty - 15 August 2021

Mengenal Diet Skincare ala Artis Korea

Agatha Febry - 15 August 2021
Mengenal Diet Skincare ala Artis Korea

Selain diet untuk menjaga bentuk tubuh, ada juga diet untuk perawatan wajah lho! Yaps, diet ini dinamakan diet skincare.

Banyak diterapkan oleh artis Korea, diet ini mulai marak belakangan tahun kemarin hingga saat ini. Lalu, bagaimana dan apa sih tujuan dari diet skincare ini? Teman iStyle bisa cari tau di bawah ini!  

Arti Diet Skincare

Teman iStyle pasti tahu kan 10 Steps Skincare ala Korea? Step ini terdiri dari banyak rangkaian perawatan wajah dengan memakai facial wash, toner, serum, essence, moisturizer, dan sunscreen

Sebagai tambahan, beberapa orang mungkin akan menambahkan produk lainnya, seperti eye cream dan lotion. Namun, rutinitas skincare ini rupanya dinilai terlalu panjang sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama pula. 

Nah diet skincare sendiri merupakan pengurangan step dari banyaknya langkah pemakaian skincare dalam rutinitas kecantikan. Biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki waktu yang singkat untuk melakukan perawatan wajah seperti artis-artis Korea yang memiliki jadwal padat. 

Jika Teman iStyle ingin melakukan diet ini, kamu cukup mengurangi penggunakan banyaknya produk dan step yang biasa rutin dilakukan. Jadi kalau biasanya menggunakan 6-10 produk bahkan lebih dalam satu waktu, kamu hanya perlu menggunakan sekitar 3-4 produk. 

Sumber foto: Shutterstock

Produk yang Digunakan

Diatas, K-Hub udah mention kalau kamu cukup menggunakan sekitar 3-4 produk yang dianggap paling penting untuk melakukan diet skincare ini. 3 produk esensial, di antaranya face wash, moisturizer, dan sunscreen.

Face wash sendiri berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu. Jika menggunakan makeup, jangan lupa untuk melakukan double cleansing dengan menggunakan cleansing oil sebelum cleanser.

Selain melakukan double cleansing, kamu juga bisa melakukan 4-2-4 cleansing method. Dengan melakukan metode ini, kamu bisa membersihkan wajahmu lebih efektif.

Sayangnya metode ini menyita waktu yang lebih lama. Tapi worth to try kok! 

Yang kedua adalah moisturizer yang tentunya berfungsi untuk menjaga hidrasi kulit agar tetap baik. Untuk menjaga dan meningkatkan kekenyalan kulit, Teman iStyle dapat memilih moisturizer yang kaya kandungan antioksidan dan hyaluronic acid seperti My Deep Moist Cream dari Klalab. 

Yang terakhir dan pastinya gak boleh dilewatkan dalam serangkaian perawatan wajah, yaitu sunscreen. Berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV, sunscreen dapat mencegah kerusakan yang berpotensi terjadi pada kulit wajah Teman iStyle.

Baca Juga:

6 Kandungan Skincare untuk Anti-Aging! Apa Aja Sih?

Simple Daily Skincare untuk Wajah Sensitif

Sumber foto: Shutterstock

Untuk Mengurangi Resiko Iritasi 

Liah Yoo, seorang beauty influencer ternama Korea mengungkapkan bahwa terlalu banyak langkah pada aktivitas perawatan wajah juga gak baik untuk kulit. Hal itu dapat memicu dan meningkatkan terjadinya resiko iritasi pada kulit. 

Ia juga mengungkapkan bahwa ia pernah mengalami kemerahan, sensitivitas, hingga dermatitis saat memakai banyak produk skincare dalam satu waktu. Karena itulah ia memutuskan untuk melakukan untuk diet skincare. 

Hal ini mungkin terjadi karena ada beberapa produk skincare yang mengandung bahan kimia. Itulah yang memicu resiko kerusakan pada kulit. 

Para dermatolog pun mengatakan jika seseorang menggunakan banyak produk skincare dalam satu kali aktivitas perawatan wajah, umumnya ia akan mengalami iritasi kulit. Kalau Teman iStyle merupakan salah satunya, kamu dapat segera melakukan diet skincare ini. 

Kurangi step-nya, dan lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajahmu. Bye-bye iritasi kulit!

Lebih Efektif 

Selain memiliki langkah yang gak terlalu panjang, diet skincare juga dinilai lebih efektif dalam melihat kinerja skincare pada kulit kamu. Jika skincare yang dipakai cenderung sedikit, Teman iStyle dapat lebih mudah untuk melihat bagaimana kinerja produk tersebut pada kulitmu. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh para dermatolog. Bagi kamu yang selama ini gak merasakan hasil dari skincare yang kamu gunakan  walaupun rutin menggunakan bermacam produk, kamu disarankan banget untuk melakukan diet skincare ini. 

Kurangi produk yang kamu pakai untuk melakukan perawatan kulit, dan kamu bisa mengamati bagaimana beberapa produk tersebut bekerja dengan efektif pada kulit wajahmu. 

Sumber foto: Instagram (liahyoo, ahnhani_92, eajpark)

Artis Korea yang Menerapkannya

K-Hub sempat mention satu nama beauty influencer Korea yang menerapkan diet ini, yaitu Liah Yoo. Selain itu, ada Hani dari girl group EXID yang melakukannya. 

Ia hanya menggunakan 2 produk skincare setiap harinya. Hani mengaku dengan menggunakan 2 produk saja, kulitnya malah jadi lebih baik daripada sebelumnya.

Jae dari boy group Day6 juga mengungkapkan pada fans-nya kalau ia juga gak menggunakan terlalu banyak produk skincare. Satu-satunya skincare yang ia gunakan dalam rutinitas perawatan wajahnya hanyalah foam cleanser.

Gak hanya beauty influencer dan para idol, Angela Kim, ahli kecantikan Korea yang sekaligus merupakan founder merk kecantikan juga melakukan diet skincare

Selain mereka, aktris Korea cantik dan awet muda Son Ye Jin dan Song Hye Kyo juga mengikuti skincare diet ini. Son Ye Jin gak percaya sama '10 Steps Skincare Routine' dan hanya menggunakan 2-3 produk skincare.

Yeay, nambah lagi nih ilmu tentang perawatan wajah kamu. Bagi Teman iStyle yang memiliki masalah kulit, bisa mencoba diet yang satu ini dengan menggunakan produk sesuai kebutuhanmu!

Kamu juga bisa mendapatkan produk skincare dan kecantikan lainnya di iStyle.id. Selain lengkap, semua produk juga dijamin keasliannya kok! 

Comments

You must Register or Login to post a comment.