Lifestyle - 06 August 2021

IU Minum Air Putih 4 Liter Hari Per Hari, Apa Aja Manfaatnya? 

Agatha Febry - 06 August 2021
IU Minum Air Putih 4 Liter Hari Per Hari, Apa Aja Manfaatnya? 

Selain punya tips diet ekstrim, penyanyi solo papan atas Korea Selatan ini memiliki rutinitas unik untuk menjaga bentuk tubuhnya. Rutinitas tersebut adalah minum air putih sebanyak 3-4 liter setiap harinya. 

Gak hanya IU, Yoona SNSD juga menjalani rutinitas ini lho! Ia sudah terbiasa untuk minum air putih sebanyak 3-4 liter setiap harinya. Nah Teman iStyle kepo gak sih apa aja manfaat minum air putih sebanyak 3-4 liter dalam satu hari seperti IU dan Yoona? Simak yang berikut ya!

Sumber foto: Instagram (dlwlrma)

Kulit Cerah dan Bercahaya

Teman iStyle tau gak sih kalau kulit kamu sebenarnya mengandung banyak sekali air. Kandungan air yang ada pada kulit kamu berfungsi untuk mencegah hilangnya cairan tubuh berlebihan. 

Gak hanya membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya, minum air putih yang cukup juga dapat membuat kerutan atau garis-garis halus yang ada pada wajah kamu memudar lho! Kamu gak harus minum 3-4 liter seperti IU ataupun Yoona kok, cukup dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2,3 liter air putih setiap harinya. 

Menurunkan Berat Badan

Panggilan untuk Teman iStyle pejuang weight loss! Ternyata salah satu cara simple untuk menurunkan berat badan kamu adalah dengan cara minum air putih. 

Air putih yang kamu rutin konsumsi setiap harinya dapat menekan nafsu makanmu yang berlebih. Hal ini dibuktikan bahwa air putih dijadikan salah satu metode diet untuk para idol Korea, seperti IU dan Yoona SNSD. 

Selain itu, minum air putih minimal 8 gelas atau 2,3 liter sehari juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Jika kamu juga rutin melakukan olahraga saat program penurunan berat badan, kamu dapat merasakan bahwa aktivitas berolahraga yang kamu lakukan dapat lebih mudah dan lebih efisien.

Sumber foto: Google

Selain untuk menekan nafsu makan, dengan mengkonsumsi air juga membantu untuk membakar kalori lebih banyak lho! Studi dalam jurnal ‘Acta Physiologica’ menemukan bahwa air putih dapat membakar antara dua hingga tiga persen lebih banyak kalori dibandingkan gak mengkonsumsi sama sekali. 

Hal ini disebabkan karena energi yang dikeluarkan dapat lebih banyak sehingga kalori tubuh pun ikut terbuang. Hal tersebut pastinya akan berpengaruh kepada berat badan, apalagi jika kamu menjadikan kebiasaan minum air putih sebagai gaya hidup harianmu.

Baca juga:

Memiliki Tubuh Sehat dan Bugar, Ini Olahraga Favorit Para Idol!

Rahasia Diet Yoon-Eun Hye yang Berhasil Menurunkan Berat Badan!

Menjaga Otot

Kurangnya kandungan cairan pada sel-sel otot membuat otot gak bisa mempertahankan cairan dan elektrolit. Hal ini membuat otot kelelahan dan gak bisa berfungsi berfungsi dengan baik. 

Sebaliknya, hal itu gak akan terjadi kalau kamu mengkonsumsi cukup air putih. Untuk Teman iStyle yang hobi berolahraga, kamu memerlukan air yang lebih banyak agar masa ototmu tetap terjaga.  

Sumber foto: Google

Memelihara Fungsi Ginjal

Cairan tubuh merupakan ‘alat transportasi’ limbah yang keluar masuk sel. Racun utama yang terdapat dalam tubuh bisa hilang dengan cara melewati organ ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Jika cairan tubuh mencukupi, urine yang normal akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Sebaliknya, jika cairan tubuhmu gak tercukupi dengan baik, konsentrasi urine, warna, dan baunya akan lebih terasa karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

Itulah sebabnya jika seseorang jarang minum air putih, resiko terkena penyakit batu ginjal akan lebih besar dibanding orang yang sering minum air putih. Jadi, dengan Teman iStyle minum air putih yang cukup, kamu dapat sekaligus memelihara fungsi ginjal pada tubuhmu. 

Mempertahankan Fungsi Usus 

Gak cukup untuk memelihara fungsi ginjal, minum air putih yang cukup juga dapat mempertahankan fungsi usus lho! Jika Teman iStyle terbiasa mengkonsumsi cukup air putih setiap harinya, maka makanan yang kamu konsumsi bisa lancar melewati saluran pencernaan. 

Selain itu, dengan mengkonsumsi cukup air putih kamu dapat sekaligus mencegah terjadinya penyakit konstipasi atau yang biasa disebut sembelit. Jika kamu kurang minum air putih, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal inilah yang menjadi penyebab utama kamu mengalami kondisi sulit buang air besar.

Sumber foto: Google

Meningkatkan Energi

Dehidrasi atau kekurangan kandungan air dalam tubuh merupakan salah satu kondisi yang membuat seseorang merasakan kelelahan yang luar biasa. Kondisi ini pastinya akan membuat berkurangnya energi yang dimiliki oleh tubuh seseorang. 

Hal ini bisa terjadi mengingat bahwa air putih memiliki peran penting untuk membawa nutrisi ke sel-sel tubuhmu. Selain itu air putihlah yang membantu membuang limbah sisa pencernaan yang gak diperlukan.

Wow ternyata banyak juga ya manfaat dari mengkonsumsi putih! Teman iStyle gak perlu seperti IU dan Yoona yang mengkonsumsi air putih terlalu banyak sampai 3-4 liter.

Kamu cukup dengan minum 8 gelas perhari atau kira-kira 2,3-2,5 liter per harinya kok! Jadikan kebiasaan yang terselip di pola hidupmu ya!  




Comments

You must Register or Login to post a comment.