Beauty - 04 August 2021

Apa Sih 4-2-4 Cleansing Method Ala Bae Suzy?

Agatha Febry - 04 August 2021
Apa Sih 4-2-4 Cleansing Method Ala Bae Suzy?

Teman iStyle pasti tau dan gak asing lagi kan sama aktris yang sekaligus juga merupakan seorang penyanyi cantik, Bae Suzy. Selebriti multitalenta dengan segudang bakat ini memang sering bermunculan di drama-drama Korea. 

Sumber foto: Instagram (skuukzky)

Gak hanya punya segudang bakat, Bae Suzy juga merupakan salah satu selebriti Korea yang dikenal memiliki wajah cantik dan badan yang body goals lho! Salah satu metode perawatan wajah yang selalu diterapkannya adalah 4-2-4 cleansing method.

Lalu, apa dan bagaimana sih cara sekaligus manfaat dari metode tersebut? Kepoin yuk! 

Definisi 4-2-4 Cleansing Method

4-2-4 cleansing method merupakan salah satu cara membersihkan wajah yang marak pada tahun 2019 lalu dan masih banyak diperbincangkan sampai sekarang. Metode ini digadang-gadang menjadi metode untuk membersihkan wajah yang banyak digemari para wanita Asia. 

Kabarnya metode ini awalnya berasal dari kebiasaan para wanita Jepang. Namun seiring berjalannya waktu, metode ini banyak diketahui oleh banyak orang gak terkecuali oleh para idol cantik Korea. 

Bahkan kabarnya banyak dari para idol tersebut menjadikan metode ini sebagai kunci rahasia dalam mendapatkan kulit wajah yang sehat dan mulus. Lalu, bagaimana sih 4-2-4 cleansing method itu? 

Metode 4-2-4 ini adalah metode untuk membersihkan wajah yang dibagi menjadi 3 bagian. 4 menit pertama digunakan untuk membersihkan wajah dengan cleansing oil

Selanjutnya, 2 menit untuk membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash. Dan 4 menit terakhir digunakan untuk membilas kulit wajah dengan air sampai seluruh facial wash bersih. 

Baca juga:

Missha dan Beberapa Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak

10 Steps Skincare ala Korea? Apa Aja Sih?

4-2-4 cleansing method ini sangat berguna untuk para wanita yang kerap beraktivitas di luar ruangan atau yang sering mengenakan full makeup setiap harinya. Gak berbeda jauh dengan metode double cleansing, 4-2-4 cleansing method ini terdiri dari ritual yang lebih detail dan spesifik.

Sumber foto: Google

Tahapan 4-2-4 Cleansing Method

Seperti yang Teman iStyle baca diatas, 4-2-4 cleansing method ini memang gak susah untuk diterapkan sehari-hari. Apalagi kalau kamu sudah terbiasa untuk menerapkan metode double cleansing saat melakukan rutinitas perawatan kulit wajahmu. 

Eits, untuk kamu yang masih asing dengan istilah metode-metode tersebut jangan khawatir. Kamu bisa terlebih dahulu menyimak tahapan-tahapan ini sebelum mencobanya sendiri!

Sumber foto: Shutterstock

Pada 4 menit pertama, bersihkan terlebih dahulu wajahmu dengan menggunakan cleansing oil. Kenapa sih harus cleansing oil?

Jika dibandingkan dengan cleanser lainnya, cleansing oil yang merupakan pembersih wajah berbasis minyak diketahui lebih mudah mengangkat kotoran dan sisa makeup. Tapi kalau Teman iStyle sementara belum memilikinya, kamu bisa coba dengan jenis cleansing yang kamu punya kok! 

Selama 4 menit itu, kamu bisa berikan sedikit pijatan pada wajah agar cleansing yang kamu gunakan dapat mengangkat kotoran lebih efektif. Setelah seluruh makeup dan kotoran terangkat, kamu bisa usap pelan-pelan dengan menggunakan kapas. 

Sumber foto: Shutterstock

Pada 2 menit selanjutnya, bersihkan kembali wajahmu dengan facial wash. Sama seperti memakai cleansing oil, kamu bisa menggosok sambil memijat wajahmu saat menggunakan facial wash

Pijat secara lembut dengan gerakan memutar selama 2 menit. Oh iya, kamu bisa menggosok facial wash di telapak tangan terlebih dahulu supaya dapat membersihkan wajah dengan lebih maksimal.

Sumber foto: Shutterstock

Pada 4 menit terakhir, bilas wajah dengan menggunakan air hangat dan air dingin. Pembagiannya adalah 2 menit pertama dengan menggunakan air hangat dan 2 menit selanjutnya menggunakan air dingin. 

Air hangat yang digunakan untuk membilas di 2 menit pertama berguna untuk melancarkan peredaran darah yang ada di wajah. Selain itu, membilas dengan menggunakan air hangat juga dapat membuka pori-pori kulit secara efektif lho!

Jika pori-pori kulit kamu terbuka, maka kotoran yang tersumbat pada permukaan kulit wajah kamu dapat terangkat secara maksimal. Setelah membilasnya dengan air hangat, lanjutkan dengan menggunakan air dingin.

Lakukan hal ini selama 2 menit agar terjadi pembersihan yang merata dan sempurna. Air dingin ini dipercaya dapat menutup pori serta memberikan efek segar pada wajah.

Sumber foto: Shutterstock

Setelah ketiga tahapan dari 4-2-4 cleansing method dilakukan, Teman iStyle bisa mengeringkan wajah dengan handuk bersih. Jangan terbiasa untuk mengeringkan wajah dengan cara digosok-gosok ya!

Sebaiknya kamu mengeringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya secara perlahan saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya iritasi kulit dan adanya goresan pada wajahmu.

Manfaat 4-2-4 Cleansing Oil

Pastinya metode perawatan yang dilakukan rutin oleh Bae Suzy ini memiliki banyak manfaat. Yang pertama dan yang pasti adalah kebersihan wajah akan senantiasa terjaga. 

Yang kedua, metode ini juga dipercaya dapat mendetoksifikasi kulit dari berbagai kotoran ataupun makeup yang masih menempel pada wajah. Yang ketiga, dengan rutin melakukan metode ini, tampilan kulit wajah kamu bisa jauh lebih halus, kenyal, bercahaya, dan tentunya sehat. 

Mungkin terasa berat untuk kamu yang gak terbiasa dengan metode perawatan wajah yang cukup menyita waktu seperti metode ini. Apalagi kalau sesaat setelah bepergian dengan kondisi tubuh yang lelah dan capek. 

Tapi memang kulit dan sehat dan cantik diperoleh dengan melalui beberapa proses. Jika 4-2-4 cleansing method adalah jawaban untuk merawat kulit wajah secara maksimal, kenapa gak coba diterapkan dulu? 

Sumber foto: iStyle.id

Oh iya, K-Hub punya rekomendasi cleansing foam untuk kamu! Yaitu cleansing foam yang memiliki banyak kandungan bagus dari Lancome

Selain cleansing foam, Teman iStyle gak perlu khawatir untuk cari produk-produk lain untuk melakukan 4-2-4 cleaning method ini dimana. Kamu bisa langsung meluncur ke kategori kecantikan di iStyle.id! Jadi tunggu apa lagi, lakukan perawatan ala Bae Suzy dengan produk dari iStyle.id yuk! 

Comments

You must Register or Login to post a comment.