Korean - 22 July 2021

Keren! BTS Sisipkan 3 Bahasa Isyarat Ini di Koreografi 'Permission to Dance'

Agatha Febry - 22 July 2021
Keren! BTS Sisipkan 3 Bahasa Isyarat Ini di Koreografi 'Permission to Dance'

Lagu baru hasil comeback BTS pada tanggal 9 Juli kemarin ternyata banyak mendapatkan pujian lho! Boy grup yang memiliki 7 member itu menjunjung tinggi keragaman, baik dari koreografi dan video klipnya. 

Salah satu pujian yang diberikan berkaitan dengan adanya bahasa isyarat yang disisipkan dalam dalam koreografi "Permission to Dance". Apa saja sih bahasa isyaratnya? Simak berikut ini yuk! 

Sumber foto: Youtube (Hype Labels)

Fun 

Dalam siaran V Live kemarin, RM mengungkapkan bahwa ide pada koreo tersebut muncul ketika mereka menyadari bahwa mereka belum pernah menggunakan bahasa isyarat dalam koreografi sebelumnya. Salah satu gerakan tersebut adalah gerakan menggaruk tubuh sambil mengangkat ibu jari dan sedikit menekuk sisa jari yang memberi arti 'fun'.

Sejalan dengan lagunya, BTS ingin menyampaikan pesan bahwa gak ada batasan untuk semua orang dapat menari dan membuat hati mereka senang. BTS juga melibatkan orang dari beragam etnis untuk bergabung dan sama-sama menyebarkan happy virus dengan lagu terbarunya ini. 

Big HitMusic mengatakan saat membuat koreografi, mereka berdiskusi dengan tuna rungu dan juru bahasa isyarat untuk memastikan pesan yang disampaikan dengan benar melalui koreografi. Gak terkecuali gerakan untuk bahasa isyarat yang berarti ‘fun’ ini. 

Sumber foto: Youtube (Hype Labels)

Dance

Selanjutnya adalah gerakan 2 jari dari sisi ke sisi di atas telapak tangan yang lain sebagai panggung mewakili 'dance'. Dengan menggunakan bahasa isyarat yang sesuai dengan ASL (American Sign Language), BTS dinilai oleh para ahli dapat menyampaikan makna dan isi lagu hasil kolaborasi dengan Ed Sheeran itu dengan sangat baik.

Baca Juga: 

Gandeng Ed Sheeran, BTS Rilis 'Permission to Dance'

Anniversary ARMY, BTS Beri Kado Special!

Sesuai dengan lagunya, bahasa isyarat yang satu ini ingin menyampaikan tentang isi lagu yang berkaitan dengan kebebasan menari. BTS ingin menyampaikan bahwa kapan saja dan dimana saja semua orang bisa menari tanpa harus meminta izin kepada siapapun. 

Team leader BTS, RM atau yang memiliki nama asli Kim Namjoon tersebut mengatakan "Aku tidak yakin. Idenya muncul, dan kami menyadari bahwa kami belum pernah mempertimbangkan itu sebelumnya, jadi kami akhirnya mencobanya". RM mengungkapkan pengalaman menyenangkan mereka dalam proses rilisnya salah satu lagu dari album 'Butter' tersebut.

Sumber foto: Youtube (Hype Labels)

Peace

Nah kalau gerakan yang terakhir ini adalah gerakan yang paling mudah untuk di contoh! Teman iStyle bisa meniru gerakan ini dengan membuat tanda 'V' seperti kamu pose peace menggunakan jari telunjuk dan jari tengah secara bersamaan. 

Gerakan yang satu ini memiliki arti 'Peace' atau juga berarti damai. Dengan menggunakan gerakan ini, BTS ingin menyampaikan bahwa dengan adanya kedamaian yang dirasakan siapa saja saat mereka memiliki kebebasan menari. 

Saat melakukan gerakan-gerakan tersebut, BTS membawakannya dengan disertai ekspresi yang mendukung sehingga pesan yang memang mau disampaikan dapat diterima dengan baik.  Salah satu youtuber tunarungu, Ha Gaewol mengatakan "Dalam bahasa isyarat, ekspresi wajah adalah yang paling penting dan BTS melakukannya dengan sangat baik". 

3 bahasa isyarat yang digunakan oleh BTS diataslah yang mereka sisipkan pada koreo di beberapa bagian lagu terbarunya itu. Keren banget ya Teman iStyle?

Comments

You must Register or Login to post a comment.