Lifestyle - 07 July 2021

Kenapa ya Kpop Idol Suka Menggunakan Masker?

Berlin Belladina - 07 July 2021
Kenapa ya Kpop Idol Suka Menggunakan Masker?

Teman iStyle suka kepikiran gak sih kenapa Kpop Idol atau selebriti maupun masyarakat Korea suka menggunakan masker sebelum pandemi Covid-19 menyerang dunia? Ternyata oh ternyata, di negara Asia seperti Jepang, China, dan Korea Selatan sangat umum masyarakatnya menggunakan masker.

Ada beberapa alasan, salah satunya adalah wabah flu burung yang melanda beberapa negara di Asia. Karena dengan menggunakan masker medis bisa meminimalisir tingkat penyebaran satu sama lain.

Dilansir dari Quartz, Jepang menjadi negara yang terlebih dahulu menggunakan masker sekitar abad ke 20 ketika pandemi influenza besar-besar membunuh sekitar 20 hingga 40 juta orang. Bahkan korban meninggal yang disebabkan oleh pandemi ini lebih besar dari pada korban World War I.

Sumber foto: Instagram (deukie_______)

Kemudian wabah tersebut menyebar ke belahan dunia termasuk Asia di mana hampir menghancurkan India menyebabkan kematian 5ri populasinya. Sejak saat itulah orang-orang menutup mulut menggunakan scarfs, kerudung dan masker hingga pandemi berakhir pada tahun 1919.

Selanjutnya di Jepang tahun 1923 terjadi gempa besar di Kanto. Saking besarnya gempa tersebut, langit sampai tertutup oleh asap dan debu selama seminggu. Akibatnya kondisi udara saat itu sangat buruk selama sebulan.

Thanks to facemask yang jadi penyelamat, masker menjadi aksesoris utama di Tokyo serta Yokohama. Lalu pemakaian masker menjadi regular digunakan setelah wabah kedua global pandemic flu di tahun 1934 tepatnya di musim dingin.

Sumber foto: Google

Sedangkan China dan Korea menghadapi masalah polusi udara yang buruk. Jadi mereka mulai mengikuti jejak Jepang menggunakan masker untuk melindungi diri dari racun yang terhirup.

Itu untuk segi kesehatan, tapi banyak orang sekaligus selebriti Korea yang menjadikan masker sebagai aspek tren fashion. Kalian pasti suka melihat foto kpop/selebriti Korea di airport atau tempat publik menggunakan masker kan?

Nah alasan pertama Kpop Idol menggunakan masker adalah untuk melindungi muka mereka. Kebanyakan dari Kpop Idol memiliki muka yang kecil dan mungil jadi masker bisa berguna untuk menyembunyikan muka mereka.

Sumber foto: Instagram (somsomi0309)

Apalagi kalau lagi gak ber-makeup dan gak siap buat difoto, misal muka mereka lagi menghadapi masalah kulit yang gak memungkinkan untuk mengaplikasikan makeup. Para Kpop dan selebriti Korea juga membutuhkan privasi kalau lagi keluar makan di café atau ke department store supaya gak gampang dikenali, serta dikerubutin sama orang-orang sekitar ataupun fans.

Alasan kedua karena faktor kesehatan, kayak yang udah disebutkan sebelumnya kalau China dan Korea memiliki concern terhadap polusi udara yang buruk. Ditambah Idol Kpop adalah seorang penyanyi, rapper, performer yang bagian dari pekerjaannya menggunakan suara.

Sumber foto: Instagram (hi_sseulgi)

As you may know Teman iStyle, polusi udara yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan. Alasan ketiga adalah untuk fashion. Beberapa orang yang beranggapan kalau Idol/selebriti menggunakan masker karena sekadar untuk fashion.

Masker yang paling sering digunakan Idol Kpop/selebriti berwarna hitam kayak Elephant Mask yang memiliki filter standar KF-94 yang bisa melindungi dari Covid-19.

Seulgi Red Velvet pernah mengungkapkan alasan kemungkinan kenapa ia suka mengenakan masker di airport. Melalui Youtube Red Velvet ‘The More SEUILGIful Lifestyle in USA’, ia cerita kalau hal yang dilakukannya ketika di pesawat hanya makan-tidur-menonton fim (on repeat) jadi mukanya membengkak ketika sampai bandara, that’s why mask is a must. Mungkin alasan Seulgi berlaku untuk idol lain ya Teman iStyle.

Comments

You must Register or Login to post a comment.