Lifestyle - 28 May 2021

Lihat Berbagai Olahan Telur dari Berbagai Negara Yuk!

Agatha Febry - 28 May 2021
Lihat Berbagai Olahan Telur dari Berbagai Negara Yuk!

Telur adalah comfort food sejati yang digemari oleh berbagai bangsa dan negara di seluruh dunia. Tiap negara memiliki cita rasa dan olahan telur yang khas dan berbeda beda. Bagaimana tiap negara di dunia menyajikan masakan telurnya? Teman iStyle bisa melihatnya disini!

Tamagoyaki  

Sumber foto: Google

Olahan telur dari Jepang ini sering Teman iStyle temukan di restoran sushi. Sebenarnya tamagoyaki adalah telur dadar yang dibentuk hingga menjadi lonjong dan berlapis-lapis.

Biasanya dibentuk juga hingga menjadi sushi atau dimakan sendiri. Karena dalam proses memasaknya diberi gula dan garam, tamagoyaki memiliki rasa manis dan asin. 

Steamed Egg Custard   

Sumber foto: Google

Olahan telur yang satu ini merupakan hidangan tradisional yang mudah ditemukan di seluruh daerah di Negara China.  Berbentuk seperti puding, sajin ini memiliki tekstur yang super lembut ini dibuat dengan cara yang sederhana.

Bahan-bahannya pun hanya telur, air dan bumbu-bumbu penyedap kemudian di steam atau dikukus. Jika dimakan dalam keadaan dingin, rasa dan teksturnya seperti gelatin tanpa gula. 

Eggs en Cocotte  

Sumber foto: Google

Olahan telur satu ini datang dari Prancis. Eggs en Cocotte memiliki arti baked eggs atau telur panggang. Telurnya disajikan dalam sebuah mangkuk bersama cream dan butter lalu dibakar. Gurih, asin dan lembut menjadi ciri khas tekstur dari menu ini.

Biasanya juga ditambahkan dengan kentang dan bacon yang membuat rasanya semakin lezat. Menu telur dari negara Prancis ini bisa menjadi variasi yang berbeda dalam memasak telur untuk breakfast dengan menambahkan toast bread yang diolesi dengan garlic butter.

Kwek Kwek  

Sumber foto: Google

Masakan telur dari Filipina ini adalah telur puyuh ataupun telur bebek yang direbus terlebih dahulu. Setelah itu dibalut dengan tepung berwarna oranye kemudian digoreng dan biasanya disajikan bersama BBQ sauce.

Kwek kwek yang juga disebut tokneneng dapat ditemui di pasar jajanan karena merupakan street food Filipina. 

Shakshuka  

Sumber foto: Google

Berasal dari Tunisia, Shakshuka adalah olahan telur yang dimasak bersama saus tomat, lada, cabai, bawang bombay dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya telur dalam shakshuka disajikan setengah matang dan sering kali diberi rasa pedas dengan jintan putih. 

Scotch Eggs  

Sumber foto: Google

Berasal dari Inggris, Scotch Eggs adalah telur yang dibungkus dengan daging lalu digoreng garing. Sebelum digoreng, biasanya telurnya direbus terlebih dahulu dan setelah dilapisi daging, scotch egg ditambah lapisan remah roti. Selain di goreng, sajian ini juga bisa disajikan dengan cara dipanggang.

Khai Yat Sai  

Sumber foto: Google

Olahan telur dadar ini berasal dari Thailand. Khai yat sai bukan merupakan sajian telur dadar biasa karena khai yat sai memiliki isian seperti daging babi dan sayur-sayuran.

Bisa dibilang sajian ini merupakan omelet khas Negeri Gajah Putih tersebut. Memiliki nama yang berarti 'boneka telur', olahan ini dibumbui dengan saus ikan ataupun saus tiram, lalu dilipat seperti pada gambar. 

Egg Curry  

Sumber foto: Google

Telur yang diolah menjadi kari ini berasal dari India. Sebenarnya kari telur ini sering Teman iStyle temui dalam masakan rumahan Indonesia juga, hanya saja kari telur khas India menggunakan bumbu-bumbu yang berbeda yang membuatnya memiliki cita rasa khas India. Sajian ini merupakan salah satu olahan telur yang paling disukai oleh masyarakat India. 

Nah dari beberapa olahan telur di beberapa negara di atas, mana nih yang menarik dicoba bagi Teman iStyle?






Comments

You must Register or Login to post a comment.