Lifestyle - 09 May 2021

Rapikan Isi Lemari Pakaianmu dengan Cara Ini!

Berlin Belladina - 09 May 2021
Rapikan Isi Lemari Pakaianmu dengan Cara Ini!

Siapa yang hobi belanja pakaian? Hobi belanja pakaian bikin isi lemari kamu jadi numpuk sama pakaian-pakaian lama yang jarang di pakai. Pakaian berlebih bikin kita jadi kesulitan mencari pakaian yang ingin digunakan, apalagi isi lemari pakaian kamu berantakan dan gak teratur. Maka dari itu, menata pakaian sangat diperlukan untuk memfilter pakaian-pakaian mana yang udah gak muat dan yang gak mau dipakai lagi. Mau tahu cara merapikan isi lemari pakaian? Simak cara berikut ini ya.

Sumber foto: Freepik (lifeforstock)

Keluarkan Pakaian dari Lemari

Teman iStyle pernah mendengar atau membaca buku “The Life-Changing Magic of Tidying Up” dari Marie Kondo? Ia membuat tesis kalau kita gak seharusnya menyimpan barang apapun yang gak membuat kita senang. Menurut Kondo kita masih tetap merasa bersyukur sama barang-barang berarti yang datang ke kehidupan kita, tanpa merasa bersalah harus berpisah dengan barang tersebut. Langkah pertama untuk merapikan isi lemari adalah, Teman iStyle mesti mengeluarkan pakaian-pakaian yang berada didalam lemari. Setelah isi lemari dikeluarkan, Teman iStyle jadi lebih mudah menyortir pakaian yang masih ingin digunakan dan yang sudah gak ingin digunakan. Kamu bisa memberikan pakaian yang gak ingin digunakan kembali ke orang yang lebih membutuhkan.

Sumber foto: Freepik (wirestock)

Atur Ruang Sesuai Fungsinya

Setelah menyortir pakaian-pakaian yang masih ingin dipakai, sekarang saatnya Teman iStyle mengatur ruang dalam lemari sesuai fungsinya. Pisahkan pakaian mana untuk pergi, pakaian dirumah, dan pakaian untuk acara resmi. Pastikan rak yang mudah dijangkau adalah rak untuk pakaian yang paling sering digunakan seperti pakaian rumahan dan pakaian pergi. Setelah itu diikuti dengan rak pakaian yang jarang digunakan seperti pakaian acara resmi. Dengan begitu, Teman iStyle gak membuang-buang waktu untuk mencari pakaian sesuai occasion yang ingin didatangi. Untuk pakaian dress, outer, pakaian mudah kusut dan semacamnya sebaiknya kamu gantung.

Mengatur Pakaian Sesuai Warna

Mengatur pakaian sesuai kelompok warna memiliki beberapa manfaat seperti mempermudah Teman iStyle memilih pakaian untuk di mix and match sesuai dengan warna, lalu jadi tahu warna-warna pakaian apa saja yang sudah dimiliki. Mungkin Teman iStyle gak mengira kalau udah punya 10 pakaian warna hitam atau belum punya pakaian warna merah sampai pakaianya sudah diatur sebelahan. Mengatur pakaian sesuai warna juga memiliki manfaat berkelanjutan. Ketika Teman iStyle membuka lemari pakaian, kamu akan melihat susunan pakaian rapi yang membuat senang sehingga kamu tetap ingin menjaga kerapihan tersebut.

Lipat Pakaian Sampai Ukuran Kecil

Trik merapikan pakaian satu ini bisa dibilang cukup efektif untuk mengurangi volume ruang di dalam lemari karena gak memakan tempat. Teman iStyle harus memperhatikan cara teknik melipat pakaian, kamu bisa menggulung pakaian seperti kaus dan celana berbahan katun. Nah menyimpannya bukan ditumpuk, melainkan didirikan. Biasanya diletakkan di laci pakaian bukan dirak dalam lemari. Kalau misal Teman iStyle ingin menumpuk pakaian, jangan terlalu tinggi ya karena bisa terjatuh. Maksimal tumpuk sebanyak 10 pakaian saja.

Simpan Aksesoris dan Sepatu di Tempat Terpisah

Teman iStyle suka mengoleksi aksesoris seperti gelang, kalung, anting dan cincin? Maka harus disimpan ditempat terpisah seperti kotak khusus perhiasaan. Ini dilakukan supaya lemari kamu tertata dengan rapi. Say goodbye sama aksesoris yang suka nyelip serta nyangkut-nyangkut di pakaian. Untuk sepatu, Teman iStyle bisa menggunakan kotak transparent yang memudahkan kamu memilih sepatu mana yang ingin dipakai dihari itu tanpa harus membuka-buka kotak. Yuk Teman iStyle kita buat lemari jadi lebih rapi dan bersih!

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.