Lifestyle - 28 April 2021

Tips Memilih Sofa Buat di Rumah!

Berlin Belladina - 28 April 2021
Tips Memilih Sofa Buat di Rumah!

Sofa merupakan salah satu barang yang pasti ada di rumah. Apalagi untuk ruang keluarga yang paling sering di habiskan waktu bersama. Entah buat nonton TV, bercengkrama sama keluarga atau teman, bahkan tidur pun suka di ruang keluarga. Memilih sofa gak hanya dari segi warna, tapi juga ketahanan lama dari sofa tersebut. Pasti Teman iStyle gak mau kan beli sofa eh ternyata sofanya gak awet cuman tahan beberapa tahun aja. Berikut adalah tips memilih sofa buat di rumah yang pas untuk kebutuhan.

Busa Dudukan Sofa

Teman iStyle harus memilih sofa dengan busa dudukan yang berkualitas, apa yang ada di dalam sofa sama pentingnya dengan apa yang terlihat di luar. Kualitas busa sofa yang bagus bisa menjamin kenyamanan sofa hingga jangka waktu yang lama. Seat sofa berbeda-beda dari segi bentuk dan ukuran. Kalau Teman iStyle memang mencari sofa nyaman, pasti Teman iStyle mencari sofa yang bikin kamu gak mau beranjak dari sofa. Tapi kalau emang kamu cari sofa memberi kesan formal, sebaiknya mencari sofa yang busa dudukannya gak berubah bentuk kalau di duduki. Hindari busa duduk yang terlalu empuk mudah kempes atau terlalu keras, bikin gak nyaman dan bentuk dudukan cepat berubah.

Sumber foto: Freepik Vanitjan

Pilih Sofa Sesuai Kebutuhan

Pilihlah sofa sesuai kebutuhan dan luasnya ruangan. Misal kamu membutuhkan sofa hanya untuk duduk-duduk biasa sambil main handphone atau baca buku, ataupun memang khusus bercengkarama jadi membutuhkan beberapa cushion/tempat duduk. Selain itu luas ruangan juga sebagai pertimbangan, apakah ruangan tersebut memang besar. Teman iStyle mesti mempertimbangkan sebesar apa sofa yang mau diisi buat ruangan tersebut. Atau kalau ruangan Teman iStyle gak begitu besar, kamu bisa mengisi ruangan dengan sofa dua dudukan dari Ebonia Sofa Grey. Sofa Ebonia adalah sofa anti air dengan kaki kayu kokoh birch. Sofa Ebonia juga sofa yang jadi favorit banyak orang lho. Memiliki bantalan duduk yang pas, gak terlalu keras dan gak terlalu lembut.

Warna Sofa

Pemilihan warna sofa juga penting, Teman iStyle ingin membeli sofa berwarna terang atau gelap. Semua tergantung warna cat dan lantai di ruangan yang kamu ingin isi dengan sofa. Warna gelap sofa di lantai yang gelap kurang cocok, seakan-akan wujud sofa gak ada diruangan. Sofa gelap dengan kaki kayu ringan atau logam dapat menciptakan visual antara sofa dan lantai. Berbeda dengan sofa berwarna gelap, kalau Teman iStyle memilih sofa berwarna terang, perlu di pikirkan seberapa sering ruangan tersebut digunakan. Misal kamu memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, sebaiknya sofa dilapisi dengan sarung sofa. Jadi kalau ketumpahan minum atau makanan gak langsung tumpah ke sofa. Langsung di bersihkan ya supaya gak berbekas.

Sumber foto: Freepik Wirestock

Bahan Sofa

Bahan material sofa juga penting nih, Teman iStyle tetap harus memperhatikan estetika dan fungsi dari sofa. Bahan cotton atau linen biasanya lebih lembut dengan pelapis khusus, tapi lebih rentan terhadap pudar atau pilling. Sofa berbahan suede memang bagus serta cantik, tapi gak cocok di gunakan di dalam rumah yang punya anak kecil ataupun hewan peliharaan, karena bisa cepat rusak. Bahan sintetis kayak akrilik atau nilon lebih tahan lama serta tahan noda. Pilihlah bahan sofa yang sesuai dengan kebutuhan rumah kamu.

Kualitas Rangka Sofa

Rangka sofa menjadi penentu seberapa lama sofa akan bertahan lama di rumah kamu. Sebaiknya Teman iStyle memilih sofa yang menyati dengan rangka, atau setidaknya dibor menggunakan paku agar rangka kuat. Hindari rangka sofa yang hanya dilem, lem dan streples hanya untuk dekorasi sofa, bukan memperkuat rangka. Rangka sofa dari kayu solid merupakan material rangka yang bagus, karena sudah terkenal kokoh serta tahan lama.

Comments

You must Register or Login to post a comment.