Lifestyle - 15 April 2021

The Chicest Gift Wrap Ever for You!

Agatha Febry - 15 April 2021
The Chicest Gift Wrap Ever for You!

Bulan Ramadan telah tiba, salah satu cara untuk memperingati sekaligus menunjukkan kasih sayang ke keluarga dan sahabat terdekat adalah dengan memberikan bingkisan ataupun hadiah. Mulai dari kue kering, sembako sampai barang-barang pecah belah menjadi isi bingkisan yang akan dipersiapkan setiap tahunnya. Tapi Teman iStyle sadar gak sih kalau seringkali, orang cuma memikirkan isi bingkisannya saja namun membungkusnya hanya dengan kertas seadanya ataupun gak dibungkus sama sekali. Padahal, packaging yang menarik akan membuat bingkisan yang diberikan jadi makin spesial. 

Well, packaging yang menarik gak selalu ribet dan repot kok. Ada juga cara simpel yang tetap terlihat lucu namun tetap elegan, sehingga cocok untuk berbagai kalangan dan untuk siapapun. Yang perlu disiapkan hanyalah syal atau kain yang berbentuk persegi. Jika bingkisan yang kamu akan berikan memiliki bentuk yang gak beraturan ataupun bingkisan yang akan kamu berikan terdiri dari beberapa barang, kamu dapat menggunakan kotak atau box apa saja sehingga nantinya bingkisanmu akan terlihat lebih rapi dan indah. Namun jika bingkisan yang akan kamu berikan sudah berbentuk kubus, kamu gak memerlukan box atau kotak lagi. 

Cara membungkus bingkisan ini dikenal dengan nama Furoshiki. Furoshiki adalah teknik melipat kain tradisional dari Negara Jepang. Nah untuk membungkus dengan menggunakan syal, kamu dapat menggunakan teknik bernama Otsukai Tsutsumi yang merupakan salah satu jenis teknik melipat kain yang cocok untuk membungkus hadiah berbentuk kotak. So, keep scrolling! 

Step 1

Sumber gambar: Google

Letakkan bingkisan yang akan kamu berikan kepada orang yang kamu kasihi di atas sebuah kain atau syal. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, jika bingkisan yang akan kamu berikan memiliki bentuk yang gak beraturan ataupun terdiri dari beberapa benda, kamu dapat menggunakan box maupun kardus sebagai wadah meletakkan barang tersebut. Kardus ini berfungsi untuk memberi kesan rapi yang tampak pada sisi luar dari bingkisan yang akan kamu berikan. Jika bingkisan yang kamu miliki sudah berbentuk kubus ataupun bentuk lainnya namun sudah rapi, kamu dapat langsung meletakkan bingkisan tersebut di atas syal atau kain yang kamu miliki. Pastikan syal ataupun kain yang kamu gunakan berbentuk persegi dan memiliki sisi-sisi samping yang rapi. 

Step 2

Sumber gambar: Google

Setelah kamu meletakkan bingkisan diatas kain atau syal yang kamu miliki, kamu dapat melakukan langkah selanjutnya yaitu melipatnya dengan rapi. Cara melipatnya adalah dengan cara mengambil salah satu sisi dari kain tersebut lalu masukkan ke bagian samping sisi bingkisan dari arah berlawanan. Lakukan hal ini sekali lagi pada sisi berlawanan ke sisi salah satu sisi yang tadi sudah dilipat. Pastikan semua ujung dari sisi yang dilipat terlihat rapi agar menghasilkan packaging bingkisan yang rapi dan indah pula. Jika Teman iStyle merasa bingung, Teman iStyle dapat melihat contoh seperti gambar diatas ini. 

Step 3

Sumber gambar: Google

Langkah selanjutnya yang sekaligus merupakan langkah terakhir adalah dengan membuat simpul dari kedua ujung tersebut. Dari 4 sisi sudut yang dimiliki kain syal berbentuk persegi, 2 sisi yang berlawanan sudah dilipat ke dalam bingkisan dan menyisakan 2 sisi yang masih menjuntai. 2 sisi tersebutlah yang Teman iStyle bisa ikatkan menjadi sebuah simpul yang membuat suatu model pada bingkisan yang kamu bungkus nantinya. Simpul yang kamu buat dapat divariasikan sesuai dengan sisa panjang sisi menjuntai dari kain yang sudah terlipat. Jika sisi menjuntai tersebut tergolong panjang, maka kamu dapat melakukan simpul yang diikat seperti mengikat tali sepatu, seperti simpul pita. Namun jika sisi menjuntai dari syal gak terlalu panjang, maka kamu bisa mengikatnya dengan simpul tali biasa yang tetap menimbulkan kesan lucu dan indah tapi tetap elegan. 

Sumber gambar: Google

Nah itu dia cara untuk membungkus bingkisan untuk Ramadan yang akan mempercantik serta memperindah pemberian kamu! Kalau Teman iStyle masih bingung juga dengan barang-barang ataupun camilan apa saja yang kamu ingin berikan, kamu bisa buka aplikasi iStyle.id lalu pilih camilan dan barang apa saja di Lotte Mart yang #PastiAda di iStyle.id seperti cemilan kalengan, bahan-bahan sembako serta barang-barang lainnya. And, Voila! Bingkisan yang akan kamu berikan kepada orang tersayang di Ramadan ini dapat diberikan dan sudah terbungkus rapi dan cantik. No waste, no worries and special. Selamat mencoba!

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.