Lifestyle - 01 April 2021

Manfaat Minyak Kutus-Kutus Bagi Kesehatan

Berlin Belladina - 01 April 2021
Manfaat Minyak Kutus-Kutus Bagi Kesehatan

Teman iStyle sudah pernah mendengar yang namanya minyak kutus kutus? Minyak yang berasal dari Bali ini merupakan minyak yang memiliki bahan dasar minyak kelapa yang dikombinasikan dengan beragam tanaman herbal bermanfaat lainnya, seperti daun neem, daun ashitaba, temulawak, bunga lawang, gaharu, tanaman purwaceng, daun pule, kulit kayu. Awalnya, minyak ini dibuat oleh Servasius Bambang Pranoto untuk mengobati kakinya yang lumpuh karena kecelakaan, namun belakangan ditemukan banyak manfaat lain dari minyak balur ini untuk kesehatan tubuh dan mulai diproduksi untuk khalayak umum. Kutus kutus sendiri merupakan bahasa Bali dari “delapan delapan” yang dipilih karena angka delapan merupakan lambang infinity (tak terbatas) dan mewakili makna penyembuhan tanpa batas. Teman iStyle ingin tahu manfaatnya apa saja? Kita bahas bareng-bareng yuk!

Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bisa dialami oleh siapa saja dan beragam jenisnya, mulai dari diare, sakit asam lambung, mual, hingga buang air besar yang kurang lancar. Minyak kutus kutus bisa membantu mengatasi masalah tersebut karena kandungan ekstrak ashitaba di dalamnya yang kalau dioleskan ke perut bisa membuatnya jadi lebih nyaman. Daun ashitaba sendiri banyak ditemukan di Jepang dan diyakini bekerja sebagai antioksidan yang dapat mengatasi rasa mulas karena gangguan pencernaan seperti kolesterol, darah tinggi, asam urat, GERD, sembelit, dan demam.

Mempercepat Proses Pemulihan Luka

Minyak kelapa yang merupakan bahan utama minyak kutus kutus dikenal sebagai super food yang punya beragam manfaat kesehatan dan bisa menyerap dengan lebih mudah di kulit dibanding minyak lainnya. Riset menunjukkan kalau minyak kelapa dapat melawan peradangan berkat kandungan antioksidan dan kolagen yang tinggi sehingga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka di kulit kita. Luka akibat gigitan serangga yang gatal pun bisa hilang dengan cepat kalau dibalurkan minyak ini.

Menghambat Penyakit Degeneratif

Bahan berkhasiat lainnya dalam minyak kutus kutus adalah daun neem yang berasal dari India. Daun ini diteliti berfungsi sebagai daun obat yang bisa membantu kita melawan berbagai penyakit turunan seperti diabetes, kardiovaskuler, gangguan penglihatan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Terapi yang bisa kita lakukan adalah membalurkan minyak kutus kutus ke telapak tangan secara merata hingga sela-sela jari, lalu balurkan juga ke area kaki mulai dari betis sampai telapak kaki. Terakhir, usapkan minyak ini ke bagian belakang telinga kita.

Meningkatkan Vitalitas dan Sirkulasi Darah

Tanaman purwaceng dalam minyak kutus kutus dikenal sebagai Viagra herbal alami yang bisa meningkatkan vitalitas dan gairah seksual pria. Caranya adalah dengan menggosokkan minyak kutus kutus di bagian paha dalam sampai ke area selangkangan. Selain itu, purwaceng juga diklaim dapat melancarkan sirkulasi darah, mengatasi infeksi pernapasan, infeksi saluran urin, dan batu ginjal.

Mengobati Peradangan dan Alergi Kulit

Beberapa orang memiliki tubuh atau kulit sensitif terhadap berbagai hal, termasuk debu yang bisa membuat kulit mereka jadi ruam merah dan gatal. Kita bisa mengatasi hal itu dengan membalurkan minyak kutus kutus ke area kulit yang mengalami peradangan atau alergi. Hal ini karena minyak kutus kutus mengandung temulawak yang dalam pengobatan tradisional Tiongkok dimanfaatkan sebagai obat anti peradangan. Tak hanya itu, temulawak juga dipercaya mampu mengatasi gangguan pencernaan hingga melawan kanker.

Mencegah Tanda Penuaan Dini Pada Kulit

Dalam minyak kutus kutus ada campuran bunga lawang yang berasal dari Tiongkok Selatan dan Vietnam. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, bunga lawang diketahui bermanfaat mengobati infeksi jamur dan bakteri serta memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk selulit. Selulit adalah kerutan yang menyerang daerah berlemak di tubuh kita. Untuk menghilangkan garis selulit yang kurang sedap dipandang, kita bisa rutin mengoleskan minyak kutus kutus ke area tersebut.

Menenangkan Pikiran dan Meredakan Stress

Minyak kutus kutus juga bisa berfungsi sebagai aromaterapi untuk membuat pikiran kita jadi lebih rileks dan tidak tegang akibat stress. Hal ini berkat kandungan kayu gaharu di dalamnya yang memang sering digunakan sebagai bahan aromatik dalam pembuatan dupa. Kita bisa menggunakan minyak kutus kutus sebagai minyak pijat untuk bagian kening dan pelipis lalu pijat secara perlahan. Hal serupa bisa dilakukan untuk kamu yang mengalami masalah insomnia atau gangguan tidur. Tiga puluh menit sebelum tidur, coba balurkan minyak kutus kutus ke telapak kaki, tulang punggung, pelipis agar tubuh makin rileks dan kita bisa tidur lebih nyenyak.

Cara memakai minyak kutus kutus pun sangat mudah lho Teman iStyle. Kita tinggal membalurkannya sepanjang tulang ekor ke punggung sampai tulang leher lalu dipijat lembut agar meresap sempurna ke dalam pori-pori kulit. Setelah itu balurkan minyak ini ke telapak dan jari kaki, baru terakhir ke bagian tubuh yang mengalami masalah. Gunakan tiga kali sehari secara rutin untuk mempercapat proses penyembuhan. Dan untungnya, sekarang kita gak perlu bingung lagi harus mencarinya di mana karena sekarang Minyak Kutus Kutus yang dijamin keasliannya bisa kita dapatkan di iStyle.id. Tertarik mencoba?

Comments

You must Register or Login to post a comment.