Lifestyle - 29 March 2021

Tren Fitness Paling Hits Di Tahun 2021

Berlin Belladina - 29 March 2021
Tren Fitness Paling Hits Di Tahun 2021

Salah satu pelajaran paling penting yang bisa kita ambil dari tahun 2020 adalah kesehatan tubuh merupakan prioritas nomor satu dan hal itu akan terus berlanjut di tahun 2021 ini. Pandemi yang berkepanjangan telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita, termasuk dalam soal berolahraga. Dengan banyaknya orang yang masih memilih untuk berdiam di rumah, berolahraga dan menjaga fisik pun tak lagi harus dilakukan di gym atau pusat kebugaran luar rumah lainnya. Tapi tak hanya hal itu saja yang akan menjadi tren kebugaran yang akan terjadi di tahun ini, Teman iStyle. Berikut adalah tren fitness yang akan happening sepanjang tahun 2021 menurut para pengamat kebugaran.

Berolahraga di Rumah

Menurut survei terbaru yang melibatkan dua ribu orang oleh OnePoll, 75% orang percaya kalau mereka lebih mudah menjaga kebugaran di rumah mereka sendiri. Sejak pandemi COVID-19 bermula awal tahun lalu, 64% responden menegaskan kalau mereka lebih tertarik untuk berolahraga di rumah saja. Mengingat pandemi tampaknya masih belum reda, tren ini nampaknya akan terus berlanjut di tahun ini. Berolahraga di rumah pun tak berarti kita harus punya segala peralatan olahraga mahal seperti yang ada di gym langganan. Cukup dengan alat olahraga sederhana seperti dumbbells atau resistance band pun bisa membuat fisik kita makin terjaga dengan biaya yang tak mahal.

Aplikasi Olahraga

Berolahraga di rumah pun bisa lebih exciting kalau kita mengikuti panduan berolahraga yang sudah terprogram. Gak perlu menyewa jasa personal trainer, kita bisa menonton video olahraga gratis di YouTube atau di berbagai aplikasi olahraga yang bisa kita unduh di smartphone. Banyak olahraga yang diajarkan di aplikasi tersebut hanya membutuhkan sedikit atau tidak perlu sama sekali peralatan olahraga khusus dan lebih menekankan latihan yang praktis dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Beberapa contoh aplikasi olahraga yang bisa Teman iStyle coba adalah Nike Training Club yang memiliki 200 jenis latihan, Asana Rebel yang juga menyediakan tips seputar fitness dan nutrisi, Daily Yoga yang memberikan ratusan latihan yoga, atau Nike Run Club untuk kamu yang ingin lebih fokus menekuni olahraga lari. 

Latihan Mindfulness

Selama masa pandemi, orang makin tertarik menggabungkan latihan fisik dengan relaksasi mental untuk meredakan stress mereka. Para pecinta olahraga mencari cara untuk mempromosikan latihan fisik dan mental di saat yang sama alih-alih aktivitas yang berjalan masing-masing. Itu sebabnya olahraga mind-body seperti yoga dan pilates makin populer belakangan ini. Tidak perlu meninggalkan rumah, kita bisa mencari kelas online atau video-video latihan gratis maupun berbayar. Beberapa aplikasi yang bisa dicoba adalah Alo Moves yang menawarkan virtual yoga, Yoga Workouts by Daily Burn yang menyediakan jadwal dan rutinitas yoga pribadi sesuai gol dan level mereka masing-masing, serta Pilates Anytime yang memberi pilihan 3.000 jenis latihan pilates.

Video Games Olahraga

Kalau Teman iStyle termasuk yang malas berolahraga, mungkin kamu bisa mencoba bermain video game yang mengusung sentuhan gerakan fisik di permainannya. Teknologi game yang makin canggih membuat kita bisa bermain game dengan memakai gerakan tubuh sebagai fokus utamanya dan adu tangkas dengan orang lain secara online. Beberapa contoh video game yang membuat tubuh kita aktif adalah Nintendo Ring Fit yang merupakan alat tambahan untuk Nintendo Switch dengan bentuk seperti hula hoop dan kita harus mengikuti gerakan di layar. Kalau ingin olahraga tapi fun, kita juga bisa main game Just Dance 2021 yang merupakan dancing game dengan gerakan seluruh tubuh dengan lagu-lagu populer saat ini. Dijamin kamu bakal merasa lebih sehat sekaligus melepas stress karena menari dan menyanyikan lagu favoritmu.

Olahraga Holistik

Karena banyak orang yang makin paham dengan konsep whole-body fitness, orang melihat fitness tak hanya untuk membuat tubuh kita makin kuat saja tapi juga menyeimbangkannya dengan aktivitas restoratif seperti meditasi dan tidur. Mereka memanfaatkan waktu setelah aktivitas fisik yang intens dengan fokus memulihkan kondisi mereka yang terkuras. Fitness hanya satu bagian dari olahraga, tapi juga harus diimbangi dengan memperhatikan asupan nutrisi, pola tidur, tingkat stress. Itu yang dimaksud dengan olahraga holistik atau whole-body fitness, tidak hanya urusan fisik saja tapi juga pikiran. Untuk mendukung tren ini, beberapa produk olahraga dan kesehatan pun makin populer, seperti misalnya alat pijat otot, sleeping mat, foam roller, thermal blanket, sleep tracker, dan smartwatch yang bisa mendukung kegiatan olahraga dengan maksimal.

Olahraga Solo

Kita pun sebetulnya masih boleh kok berolahraga di luar rumah, tapi yang penting tetap melakukan social distancing dan menghindari kerumunan. Itu sebabnya olahraga-olahraga yang bisa dilakukan sendirian akan semakin populer seperti misalnya berlari, bersepeda, atau main golf. Tapi walaupun berolahraga sendirian, bukan berarti kamu gak boleh terlihat stylish, Teman iStyle. Pakai sepatu olahraga dengan desain keren yang bisa bikin kita merasa kece dan makin semangat berolahraga. Salah satunya adalah sepatu Puma Weave XT, sepatu latihan untuk wanita yang terinspirasi dari elemen arena tinju dengan desain rajut di bagian sol untuk menambah fleksibilitas gerakanmu. Dengan warna hitam dan putih yang fierce, sepatu olahraga ini siap dipakai di mana saja, dari gym sampai ke jalanan.

 

 

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.