Beauty - 13 April 2021

Rambut Kamu Lepek? Yuk Simak Penyebabnya!

Agatha Febry - 13 April 2021
Rambut Kamu Lepek? Yuk Simak Penyebabnya!

Rambut lepek merupakan salah satu masalah rambut yang dialami oleh sebagian besar orang, khususnya wanita Indonesia yang beriklim tropis dan memiliki cuaca yang panas.  Masalah ini sering banget jadi pemicu utama seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Mungkin beberapa Teman iStyle juga sering terganggu dan merasa risih dengan rambut kamu yang lepek. Lalu, apa saja sih yang sebenarnya penyebab rambut kamu lepek? 

 

Sering Mengikat Rambut

Tanda-tanda kalau rambut kamu lepek bisa dilihat dari kulit kepala yang berminyak dan akar rambut yang kempes sehingga kehilangan volumenya. Biasanya hal ini disebabkan oleh seringnya mengikat atau menjepit rambut Teman iStyle sendiri. Rambut yang terlalu sering diikat akan berpotensi untuk cepat lepek karena sebenarnya penyebab rambut lepek adalah penumpukan minyak, keringat, dan kotoran pada kulit kepala. Jika kamu seringa mengikat rambut, maka akan lebih cepat juga penumpukan kotoran pada rambut kamu. Kotoran tersebutlah yang membuat rambutmu kehilangan volumenya.

Sumber foto: Google

 

Terlalu Sering Keramas

Keramas menggunakan shampoo merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Tapi Teman iStyle tau gak sih kalau keramas terlalu sering juga dapat menyebabkan rambut kamu gampang lepek. Faktanya, shampoo dapat membersihkan semua debu dan kotoran yang ada di kulit kepala kita, termasuk minyak alami rambut. Jika minyak alami rambut tersebut hilang, maka tubuh akan mengira kulit kepala kita kering sehingga mereka akan memproduksi minyak lebih banyak dan membuat rambut Teman iStyle menjadi mudah lepek. Jarak waktu yang paling tepat untuk mencuci rambut adalah sekitar 2 sampai 3 hari saja. 

 

Terlalu Banyak Menggunakan Conditioner

Teman iStyle tau gak sih kalau conditioner yang kamu pakai tidak boleh berlebihan, harus menyesuaikan tipis atau tebalnya rambut kamu yah! Conditioner juga sebaiknya dapat diaplikasikan di helai rambut dari tengah sampai ke ujung rambut saja. Kunci yang paling penting adalah pemakaian conditioner  tidak boleh dilakukan pada kulit kepala kita. Selain membuat lepek, hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi, kusut, mudah patah dan rusak. 

 

Salah Menggunakan Produk Rambut

Mengenali apa yang rambut kamu butuhkan merupakan hal yang paling penting ketika memilih produk shampoo yang akan kamu gunakan. Setiap orang memiliki produk-produk tertentu yang cocok untuk mereka gunakan yang mana bisa jadi tidak cocok dipakai oleh orang lain. Tidak hanya lepek, Teman iStyle juga berpotensi untuk memiliki rambut yang berketombe dan kulit kepala gatal jika Teman iStyle menggunakan produk yang tidak cocok untuk kamu. Jika kamu punya tipe kulit kepala berminyak, sebaiknya keramas dengan shampoo khusus rambut berminyak. Begitu pula untuk kamu yang berambut kering dan sebagainya. 

 

Terlalu Sering Menyentuh Rambut

Secara tidak sadar, pasti sering banget untuk menyentuh rambut kamu. Entah itu untuk membenarkan, merapihkan ataupun untuk mengikatnya. Teman iStyle tau ga sih kalau hal itu juga menjadi salah satu penyebab rambut kamu sering lepek? Tanpa kamu sadari, tangan yang kamu buat untuk memegang rambutmu itu tidak selalu dalam keadaan bersih. Debu maupun kotoran dari tangan kamu bisa tertinggal di rambut dan lagi-lagi membuat rambut kamu cepat kotor dan lepek. Jadi sebisa mungkin hindari terlalu sering menyentuh rambut apalagi kulit kepala kamu yah!

Sumber foto: Google

 

Sisir yang Kotor 

Sekarang coba deh kamu cek sisir yang biasanya kamu gunakan, termasuk dalam keadaan yang bersih atau justru kotor? Kalau dalam keadaan kotor, kamu harus banget segera membersihkan sekarang yah! Kotoran pada sisir kamu itu nantinya akan tertinggal di rambutmu dan tentunya membuat rambut kamu kotor dan cepat lepek. Sisir yang kotor juga membawa bakteri-bakteri dari luar yang berpotensi untuk tinggal di rambut kamu. Jadi, Teman iStyle harus membiasakan menyisir dengan menggunakan sisir bersih yah! 

 

Nah dari banyak penyebab rambut lepek diatas, mana sih aktivitas yang sering kamu lakukan sehingga buat rambut kamu sering dan cepat lepek? So, hindari melakukan aktivitas-aktivitas tersebut dan tetap percaya diri dengan rambut yang kamu inginkan! 



Comments

You must Register or Login to post a comment.