Beauty - 14 March 2021

Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering

Berlin Belladina - 14 March 2021
Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering

Memasuki masa peralihan cuaca dengan curah hujan dan paparan udara panas yang datang silih berganti, kulit wajah kita pun jadi rentan mengalami kekeringan, terutama kalau kita menghabiskan waktu di ruangan ber-AC setiap saat. Hal ini tentu tidak kita inginkan karena kulit wajah yang kering bisa membuat penampilan kita jadi terlihat kusam dan kurang menarik. Tak hanya dari segi estetika, kulit wajah kering juga dapat meningkatkan risiko iritasi dan mudah terserang infeksi kulit. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi kulit wajah kering yang bisa Teman iStyle coba dan dijamin ampuh untuk mendapatkan Cantik Tanpa Batas.

Mengubah Pola Makan

Selain dari luar, menjaga kulit tetap sehat juga harus dilakukan dari dalam tubuh kita, salah satu caranya adalah memperhatikan pola makan. Asupan makanan dengan kandungan lemak seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang direkomendasikan untuk membantu mengatasi kulit kering walaupun kita tetap harus melakukan rutinitas perawatan kulit. Perbanyak juga minum air putih dan kurangi minuman beralkohol serta kafein seperti kopi karena bersifat diuretik yang menyebabkan tubuh lebih mudah dehidrasi.  

Menjaga Kelembapan Rumah

Semakin kering udara di sekitar, semakin kering juga kulit kita. Untuk memaksimalkan kandungan air di udara, kita bisa meletakkan air humidifier di ruangan atau kamar yang paling sering kita tempati dan biasanya tempat itu adalah kamar tidur kita. Air humidifier berguna untuk meningkatkan level kelembapan di udara sehingga lapisan kulit kita tetap terjaga tingkat hidrasinya.

Rutin Mengeksfoliasi Kulit

Tak peduli sebanyak apa serum atau krim yang kita pakai, kulit kering akan tetap kering bila tidak disertai eksfoliasi rutin. Kita bisa memakai scrub lembut dengan kandungan glycolic atau lactic acid untuk mengangkat sel kulit mati dua sampai tiga kali seminggu. Kalau sel kulit mati sudah terangkat, produk seperti serum dan moisturizer pun bisa menyerap ke kulit dengan hasil yang maksimal. Namun, bagi mereka dengan kondisi kulit sangat kering dan justru akan luka kalau melakukan eksfoliasi, alternatif yang lebih aman adalah menggosok kulit dengan handuk basah secara lembut.

Memakai Serum Antioksidan

Serum adalah produk perawatan kulit yang tak terpengaruh oleh kondisi cuaca di sekitar kita. Selama bebas alkohol, serum antioksidan bisa kita pakai sepanjang tahun untuk menangkis radikal bebas yang bisa menyebabkan bintik hitam, kerusakan kolagen dan tanda penuaan dini pada kulit. Gunakan serum dengan formula Vitamin C sebagai layer pertama di pagi hari sebelum memakai produk lainnya. Jangan lupa juga untuk memakai tabir surya SPF 30 agar kulit tetap terjaga, bahkan saat cuaca mendung sekalipun.

Pakai Krim Wajah yang Lebih Pekat

Mungkin salah satu langkah yang sering dilupakan saat mengatasi kulit kering adalah menukar produk yang biasa kita pakai dengan moisturizer yang memang fungsi utamanya menghidrasi kulit. Di hari kulit kita terasa ekstra kering, kita bisa memakai krim dengan kandungan hyaluronic acid dan ceramide. Ceramide membantu menjaga lapisan kulit tidak cepat rusak dan direkomendasikan dipakai pada pagi dan malam hari.

Kurangi Mandi dengan Air Panas

Walaupun mandi dengan air panas memang terasa nyaman, namun sebaiknya kurangi hal itu kalau kulit kita kering. Batasi mandi air hangat maksimal lima menit saja karena kalau lebih lama atau airnya terlalu panas justru membuat kulit kita jadi dehidrasi. Untuk urusan sabun mandi, pilih sabun mandi cair dengan kandungan creamy yang lembut. Selepas mandi, pakai juga moisturizer untuk badan dengan kandungan mineral oil, lanolin, atau ceramide yang membantu kulit tetap lembap sepanjang malam.

Hindari Cleanser dengan Kandungan yang Keras

Pastikan face wash yang kita pakai tidak mengandung bahan yang bisa mengeringkan kulit seperti pewangi atau zat aditif. Agar lebih aman, pakai cleanser dengan kandungan lembut seperti Cetaphil yang tak akan menghapus minyak alami yang dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembapan. Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah pembersih wajah yang diformulasikan dengan formula hypoallergenic sebagai pengganti sabun yang teruji klinis untuk bekerja dua aksi, yaitu melembapkan sekaligus membersihkan kulit dari sel mati, polusi, dan kotoran yang menumpuk. Tanpa busa berlebih dan tanpa pewangi tambahan, pembersih wajah ini aman untuk semua jenis kulit, termasuk yang berjerawat maupun yang sensitif.

Memakai Krim Mata

Sebelum tidur di malam hari, biasakan untuk melakukan rutinitas perawatan kulit yang membantu kulit kita tetap terhidrasi sepanjang malam dan terbangun dengan kulit yang sehat. Setelah pakai serum dan moisturizer, coba pakai juga krim mata yang lembut di bagian mata sebagai proteksi tambahan.

Pakai Sheet Mask Menjelang Tidur

Sebagai langkah terakhir, coba pakai juga moisturizer di area tangan, kutikula kuku, dan bibir sebelum tidur. Selain itu, memakai sheet mask dengan fungsi hidrasi juga boleh kita lakukan satu atau dua kali seminggu saat tidur, namun hindari produk dengan kandungan charcoal atau clay dan pilih yang mengandung banyak hyaluronic acid.

Comments

You must Register or Login to post a comment.