Beauty - 09 March 2021

Tips Makeup Untuk yang Berkulit Eksotis

Berlin Belladina - 09 March 2021
Tips Makeup Untuk yang Berkulit Eksotis

Semua orang terlahir dengan warna kulitnya masing-masing, ada yang berkulit putih, kuning langsat, berkulit gelap, maupun sawo matang yang eksotis. Semuanya cantik dan punya daya tarik tersendiri, namun sayangnya masih banyak produk kecantikan yang berfokus pada warna kulit cerah. Hal ini tentu membingungkan bagi mereka yang berkulit lebih kecokelatan karena kalau salah memilih makeup, hasilnya akan terlihat cakey dan tidak glowing. Tapi jangan khawatir Teman iStyle, karena kulit kecokelatan pun tetap bisa terlihat cantik eksotis bila kita bisa mengaplikasikan makeup yang tepat. Berikut ini adalah panduannya, kita simak bersama yuk!

Pilih Produk Tanpa Kandungan Whitening

Sebelum  memakai makeup apapun, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan tipsnya adalah membiarkan busa face wash menempel selama 30 detik di kulit dahulu baru dibilas dan biarkan kering dengan sendirinya agar kandungan dalam produk bisa meresap maksimal. Setelahnya baru kita memakai pelembap atau tabir surya. Untuk pemilik kulit eksotis, pastikan pelembap yang kamu pakai tidak mengandung efek whitening atau meninggalkan bercak putih pada wajah karena hal itu bisa membuat kulit wajah jadi belang. Selain itu pilih produk primer dengan formula ringan dan bisa mengontrol minyak pada wajah agar wajah tidak cepat kusam.

Pilih Warna Foundation yang Senada Dengan Warna Kulit

Jangan tergoda membuat wajahmu terlihat lebih putih dengan memakai foundation yang lebih cerah dari warna kulitmu karena hasilnya akan terlihat cakey, kusam, dan seperti memakai topeng setelah beberapa jam digunakan. Sebaiknya, pilih foundation warna earth tones yang natural saja seperti caramel, beige, sand, dan sejenisnya yang disesuaikan dengan warna kulitmu. Pilih tiga warna foundation yang paling mendekati warna kulit wajahmu lalu coba oleskan di garis rahang atau leher, bukan di punggung tangan. Setelah itu coba paparkan ke cahaya alami agar kamu tahu bagaimana hasilnya bila kamu pakai di luar ruangan. Perhatikan juga tingkat oksidasinya, yaitu perubahan warna akibat reaksi dari luar maupun dari minyak pada wajah. Dari tiga warna yang sudah kamu coba, pilih warna yang hasilnya terlihat menyatu dengan kulitmu tanpa membuatnya lebih cerah atau lebih gelap. Oleskan foundation secara tipis saja dan kalau bisa pilih yang berbahan dasar air atau oil-free.

Pakai Bedak Translucent

Setelah warna foundation yang tepat sudah ketemu, tips selanjutnya adalah mengunci foundation tersebut agar long lasting di kulitmu dengan menggunakan bedak wajah. Hindari bedak dengan finishing matte yang membuat kulitmu terlihat tebal, pilih bedak jenis translucent alias transparan yang akan membuat kulit wajahmu terlihat naturally glowing dan tidak meninggalkan jejak putih di kulit. Kalau kulitmu termasuk berminyak dan sensitif, pilih bedak tabur sementara kalau kulit normal dan kering lebih baik menggunakan bedak padat. Agar pengaplikasiannya lebih merata, kamu juga bisa memakai kuas wajah yang praktis.

Pakai Blush On Warna Lembut

Untuk tampilan segar selama siang hari, kamu bisa menggunakan blush on dengan warna lembut seperti peach, coral, apricot, dan deep rose yang disapukan tipis-tipis dari tulang pipi ke rahang. Sapukan juga blush on dengan efek shimmer pada area yang terkena sinar matahari seperti dahi dan tengah hidung agar kulit wajahmu jadi makin glowing dan cantik di bawah paparan sinar matahari. Untuk malam hari, kamu bisa memakai blush on berwarna bronze atau plum yang lebih dramatis sekaligus menonjolkan tekstur wajahmu.

Riasan Mata yang Fresh

Untuk area mata, kita bisa menggunakan berbagai macam warna eyeshadow untuk dieksplor. Warna-warna gelap seperti cokelat, burgundy, bronze masih termasuk pilihan aman untuk berbagai situasi, tapi kalau kamu ingin coba warna yang lebih cerah, warna lembut seperti pink atau peach bisa menjadi pilihan yang pas. Jangan lupa untuk memakai primer pada kelopak mata sebelum pakai eyeshadow agar warnanya jadi lebih terlihat nyata dan kita pun bisa menambahkan efek shimmer pada bagian kelopak mata atas atau sentuhan warna silver di sudut mata untuk efek yang lebih dramatis dan elegan. Nah bagaimana dengan warna alis? Pilih warna yang senada dengan warna rambutmu lalu samarkan warna alis bagian ujung dekat hidung agar hasilnya makin alami dan segar.

Pilih Warna Lipstick yang Tepat

Warna lipstick yang disarankan untuk kulit eksotis seperti sawo matang adalah warna-warna lembut seperti peach, coral, pink, dan nude tapi jangan pilih yang gradasinya terlalu muda karena akan membuat bibir terlihat pucat. Sementara itu, warna-warna yang terlalu bold seperti neon juga kurang cocok karena akan terlalu kontras dengan warna kulit dan membuat riasanmu jadi terlihat too much. Tren beauty yang bisa kamu coba adalah tren bibir nude dengan menggunakan lipgloss warna nude yang hasilnya lebih natural dan glowing untuk kulit kecokelatanmu. Selamat mencoba, Teman iStyle!

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.