Beauty - 26 February 2021

Tips & Trik Memilih Parfum Untuk Pria

Berlin Belladina - 26 February 2021
Tips & Trik Memilih Parfum Untuk Pria

Walaupun tidak terlihat, namun parfum adalah bagian dari personal style kita yang punya pengaruh besar tentang bagaimana orang lain memandang dan mengingat kita, terutama pada perjumpaan pertama alias first impression. Itu sebabnya memakai parfum dengan aroma yang tepat punya banyak manfaat positif untuk kita, dari mulai membuat kita makin menarik di mata orang lain hingga membuat kita lebih percaya diri dan berani saat bertemu dengan orang baru.

Tetapi, sayangnya masih banyak pria di luar sana yang belum rutin memakai parfum atau memilih parfum dengan aroma yang terlalu menyengat sampai membuat orang sekitarnya pusing. Meskipun memilih aroma atau jenis parfum yang tepat memang tidak semudah membalik telapak tangan, berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa Teman iStyle perhatikan sebelum memutuskan membeli parfum terbaru.

Pahami Jenis-jenis Parfum

Wewangian atau fragrance merupakan istilah umum yang digunakan untuk parfum, namun parfum sendiri memiliki banyak jenis yang umumnya bisa dikategorikan sebagai berikut:

Eau Fraiche: Versi parfum dengan konsentrat paling encer yang biasanya hanya 1-3% minyak parfum dalam campuran alkohol dan air. Biasanya wanginya hanya bertahan kurang dari satu jam.

Eau de Cologne (EDC): Biasanya dipakai untuk menyebut wewangian yang beraroma maskulin, ringan, dan segar. Umumnya terdiri dari campuran 2-4% minyak parfum, alkohol, dan air. Populer dipakai oleh orang-orang yang lebih muda dan wanginya bisa bertahan kurang dari dua jam.

Eau de Toilette (EDT): Mengandung 5 sampai 15% essence parfum murni yang dilarutkan dalam alkohol. Aromanya biasanya bertahan sampai 3 jam.

Eau de Parfum (EDP): Istilah paling umum untuk parfum pria dan wanita dengan kandungan 15 sampai 20% essence parfum murni dan bertahan sekitar 5 sampai 8 jam. Jika kamu termasuk yang berkulit sensitif, sebaiknya pilih Eau de Parfum dibanding parfum murni.

Parfum: Wewangian dengan konsentrat tertinggi dan paling mahal. Bentuknya cenderung seperti minyak dibanding cairan dan terdiri dari 20-30% essence parfum murni. Wanginya bisa bertahan dari 6 sampai 8 jam yang merupakan terlama dibanding jenis parfum lainnya.

Sesuaikan Parfum dengan Situasi yang Dihadapi

Setelah mengetahui jenis-jenis parfum, yang harus menjadi pertimbangan selanjutnya adalah parfum apa yang cocok untuk situasi tertentu. Orang biasanya kalau sudah suka dengan satu aroma parfum tertentu akan memakainya di segala kesempatan, tetapi coba deh lebih berani eksplor lagi dengan aroma-aroma baru untuk situasi yang lain. Ibaratnya seperti berganti pakaian saja, ada yang santai ada yang formal, begitu pun dengan wewangian yang kamu pilih.

Untuk Siang Hari

Bagi kamu yang masih harus beraktivitas di luar rumah selama pagi dan siang hari, kamu sebetulnya tidak perlu wangi yang terlalu pekat untuk hari-hari biasa dan pilih aroma yang lebih ringan seperti floral, citrus, dan earthy. Udara panas di siang hari juga membuat aroma parfum bertahan lebih lama dan menyebar lebih jauh, jadi sebaiknya pilih EDC atau EDT saja dibanding parfum yang akan terlalu menyengat bagi orang sekitarmu. Parfum unisex seperti Calvin Klein One juga bisa menjadi pertimbangan di siang hari karena aromanya yang netral baik bagi pria maupun wanita.

Untuk Malam Hari

Ada beberapa jenis aroma yang akan semakin “hidup” saat dipakai di malam hari dengan udara yang lebih sejuk seperti aroma honey, vanilla, dan chocolate. Pilihan parfum di malam hari tergantung dengan acara yang kamu jalani. Kalau hanya untuk bertemu santai dengan teman sehabis pulang kerja, kamu mungkin ingin mencoba aroma nostalgic seperti vanilla, coffee, atau lavender seperti Hugo Boss Bottle Night Man EDT yang bisa membuatmu merasa rileks sekaligus tetap fokus.

Untuk Berkencan

Kamu pasti mau dong pengalaman berkencan berkesan bagi dirimu dan teman kencanmu, apalagi kalau ini adalah kencan pertama. Pilih aroma yang diasosiasikan dengan kepercayaan diri seperti spicy, musky, dan woody seperti Chanel Bleu de Chanel Man EDT. Hal ini bisa menimbulkan percikan asmara sekaligus membuatmu jadi makin pede. Tetapi kalau pergi dengan orang yang sudah jadi pasanganmu, pilih parfum dengan aroma yang kalian berdua sukai.

Untuk Bekerja

Di situasi profesional seperti kantor, pilih parfum aroma yang ringan dan netral agar tidak terasa menyengat bagi rekan kerjamu. Pilih aroma yang bisa membangkitkan kepercayaan diri seperti sentuhan spicy, woody, dan citrus seperti Bvlgari Man Wood Neroli Man agar kamu makin semangat bekerja dan membawa impresi baik.

Untuk Liburan

Saat berpergian, kita bisa membawa parfum dengan kemasan travel friendly yang praktis. Tetapi untuk membuat memori liburan semakin berkesan, kita bisa menyesuaikan parfum berdasarkan destinasi liburan kita. Kalau pergi ke pantai, pilih parfum dengan aroma coconut atau aquatic seperti Kenzo Aqua Kenzo Pour Homme yang langsung membuat kita teringat pada kesegaran laut.

Untuk Acara Pernikahan

Di acara sosial seperti pesta pernikahan, mayoritas orang akan memakai parfum favorit masing-masing. Ini waktu yang tepat bagi kita untuk memakai parfum aroma favorit kita untuk menunjukkan kepribadian kita. Jadi Teman iStyle jangan ragu untuk berani mencoba berbagai aroma baru yang bisa kamu temukan di iStyle.id untuk mencari parfum yang kamu banget.

Comments

You must Register or Login to post a comment.