Beauty - 16 February 2021

5 Manfaat Centella Asiatica & Rekomendasi Produk Berbahan Cica yang Wajib Kamu Tahu

Berlin Belladina - 16 February 2021
5 Manfaat Centella Asiatica & Rekomendasi Produk Berbahan Cica yang Wajib Kamu Tahu

Teman iStyle yang termasuk skincare enthusiast mungkin sudah pernah mendengar kalau salah satu bahan alami yang sedang naik daun di industri perawatan kulit dan kecantikan belakangan ini adalah Centella Asiatica atau sering juga disingkat dengan nama Cica. Tanaman berdaun hijau berbentuk kipas yang juga dikenal dengan nama gotu kola atau daun pegagan kalau di Indonesia ini telah digunakan sebagai obat herbal alami selama berabad-abad dalam pengobatan Tiongkok dan Ayurveda karena memiliki khasiat antioksidan, antimikroba, dan antivirus.

Selain itu, di dalam Centella Asiatica juga terkandung senyawa seperti saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid yang bermanfaat mengatasi berbagai masalah kulit. Hal ini lah yang menjadikan banyak brand kecantikan berlomba memproduksi produk dengan kandungan Cica di dalamnya. Tapi apa saja sih sebetulnya manfaat bahan ini untuk kesehatan kulit kita? Kita simak satu per satu yuk, Teman iStyle!

  1. Mencegah Penuaan Dini

Centella Asiatica kaya akan antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas di kulit kita akibat paparan polusi dan sinar UV. Kalau dibiarkan, radikal bebas tersebut akan merusak lapisan kulit yang mengakibatkan warna kulit tak merata dan masalah lain yang berhubungan dengan penuaan kulit. Tanda-tanda penuaan dini yang bisa kita rasakan adalah kulit kehilangan elastisitasnya dan teksturnya jadi kering seperti kertas. Cica dipercaya mampu meningkatkan peredaran darah dan produksi kolagen untuk membuat wajah terlihat muda, kencang, dan mengurangi garis kerutan dan keriput.

Teman iStyle bisa mulai rutin membersihkan wajah dengan facial cleanser berbahan Cica, salah satunya adalah Kiehls Centella Sensitive Facial Cleanser dengan pH yang seimbang dan paling ringan untuk kulit sensitif. Caranya bisa dengan langsung oleskan ke kulit yang kering lalu dibilas, atau digunakan sebagai pembersih wajah dengan mengaplikasikannya ke kapas tanpa perlu membilas wajah lagi setelahnya.

  1. Menenangkan Kulit

Centella Asiatica mengandung asiaticosides yang punya manfaat menenangkan dan mengobati iritasi kulit, khususnya pada kulit yang sensitif dan tidak kuat terpapar produk dengan bahan kimia yang kuat. Pemakaian Cica secara teratur teruji dapat meredakan peradangan, ruam merah, dan rasa gatal pada jenis kulit sangat kering dan sensitif. Salah satu produk yang bisa kamu coba adalah VT Cosmetics Cica Daily Soothing Mask yang termasuk dalam rangkaian produk berbahan Cica dari label skincare asal Korea tersebut. Satu kemasan kotak produk ini memiliki 30 lembar masker wajah dengan 4 bahan inti, yaitu ekstrak Cica, Centella 4x Complex, Green Propolis, dan Triple Hyaluronic Acid untuk menenangkan kulit yang lelah atau kering dan cocok dipakai setiap hari, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Tidak hanya kaya akan antioksidan, Centella Asiatica juga dipenuhi oleh asam amino dan beta karoten yang menyediakan banyak nutrisi untuk membuat kulit tetap terhidrasi dan menyeimbangkan kadar minyak dan air pada permukaan kulit sehingga kulit terjaga kelembapannya. Kalau kulit kita terjaga kelembapannya, biasanya kulit kita pun jadi jarang terkena berbagai masalah kulit. Salah satu produk yang patut dicoba adalah rangkaian produk Fresh Cica Plus dari Nacific yang terdiri dari serum dan toner dengan kandungan tiga jenis konsentrat Centella Asiatica untuk menjaga kelembapan dalam kulit dan membuat kulit rapuh dan kering jadi segar kembali. Produk ini pun telah lolos uji klinis untuk membuktikan aman dipakai oleh kulit sensitif dan berjerawat, jadi gak ragu lagi deh.

  1. Merawat Berbagai Masalah Kulit

Centella Asiatica dapat dimanfaatkan untuk merawat berbagai kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, varises membengkak, dan stretch mark. Hal ini karena Cica mengandung “Madecassoside” yaitu senyawa yang mendorong aktivitas antioksidan dan sirkulasi darah pada kulit sehingga luka apapun jadi lebih cepat pulih sekaligus memperkuat lapisan kulit. Untuk Teman iStyle yang punya kulit rentan noda hitam, bisa mencoba rutin memakai produk berbahan Cica untuk mengatasi spot hitam tanpa meninggalkan jejak atau bekas luka. Salah satunya adalah Benton Centella Gel & Spot Cream dengan kandungan acid ringan, ekstrak Cica, dan bahan aktif lainnya untuk mengatasi kemerahan sekaligus melindungi kulit dari iritasi eksternal.

  1. Membuat Wajah Jadi Makin Glowing

Seperti yang sudah sempat disebut sebelumnya, Centella Asiatica mampu membantu melancarkan peredaran darah sehingga kulit cepat mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk proses regenerasi. Ditambah dengan proses produksi kolagen yang makin optimal, aliran darah yang sehat pada kulit membuat wajah kita jadi terlihat lebih kenyal, sehat, dan cerah. Kalau ingin membuktikan khasiatnya, Teman iStyle bisa mencoba Purito Centella Green Level Buffet Serum yang mengandung 49% ekstrak Cica dan Niacinamide yang membantu menyeimbangkan warna kulit dengan efek memutihkan serta Panthenol dan Adenosine untuk membantu mengurangi keriput.  Kulit glowing memesona? Yes please!

Comments

You must Register or Login to post a comment.