K-Pop Zone - 09 July 2022

Wamil BTS Diperdebatkan, Menteri Budaya Korea Memberi Penjelasan

Berlin Belladina - 09 July 2022
Wamil BTS Diperdebatkan, Menteri Budaya Korea Memberi Penjelasan

Setiap warga negara Korea Selatan khusus nya pria berumur 18-28 diwajibkan melakukan wajib militer atau biasa disingkat wamil selama kurang lebih 2 tahun. Peraturan ini juga berlaku untuk para artis Korea serta Kpop idol tanpa terkecuali.

Para member BTS sedang menjadi perdebatan soal tugas wajib militer, Teman iStyle. Juni bulan lalu, BTS mengumumkan hiatus nya melalui live BTS Festa 2022.

Hal ini bikin ARMY dan netizen lain berspekulasi jika hiatus nya BTS juga berhubungan dengan waktu wajib militer mereka. HYBE mengkonfirmasi kalau hiatus nya BTS hanya mengurangi aktivitas secara group dan berfokus pada aktivitas individu/solo.

Sumber foto: Google

Baca Juga:

Single 'More' J-Hope BTS Berhasil Puncaki iTunes di 84 Negara

Beberapa ARMY juga berpendapat, BTS gak perlu melakukan wajib militer karena telah mempromosikan budaya Korea Selatan secara global. Sering menjadi perdebatan sejak tahun 2021, Menteri Budaya Korea, Park Bo Gyun melakukan press conference di kantor Kementrian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata di Osong dalam rangka acara perayaan ke 50 hari peresmian dirinya.

Pada acara tersebut Park Bo Gyun menceritakan posisi dan masalah saat ini termasuk perdebatan wajib militer para member BTS. Park Bo Gyun melanjutkan jika opini publik merupakan hal yang paling penting dalam memutuskan wajib militer BTS maupun artis Pop lainnya.

Sumber foto: Google

Ia mengatakan wajib militer memang tugas suci, ia juga menambahkan kontribusi BTS selama ini yang mempromosikan serta meningkatkan reputasi Korea Selatan yang baik kepada masyarakat global. “BTS telah mempromosikan K-culture di seluruh dunia dan telah memajukan prestise bangsa”.

Baca Juga:

Sambil Merayakan BTS Festa 2022, BTS Mengumumkan Hiatus!

Daftar Kpop Idol yang Comeback Juli 2022, ada ITZY hingga WINNER

Menteri Budaya Park Bo Gyun melanjutkan peraturan undang-undang saat ini menjelaskan bahwa musisi klasik peraih penghargaan dapat dikecualikan dari wajib militer. Pengecualian wamil di dalam hukum masih dalam perbincangan dalam perubahan RUU untuk beberapa kategori pria tertentu, diizinkan untuk menunda wamil dalam jangka waktu tertentu atau melakukan wamil dalam jangka waktu yang lebih pendek dari biasanya.

Pengecualian ini diberikan kepada masyarakat pria Korea Selatan terutama kepada pemenang medali Olimpiade atau juara permainan Asia termasuk musisi, penari yang membawa pengakuan dan kebanggan untuk negara. Salah satu member BTS, Jin, yang merupakan member tertua, diharapkan masuk wajib militer pada akhir tahun 2022 karena di Desember nanti ia telah menginjak 30 tahun, Teman iStyle.

Sumber foto: Google

Terkait hal ini belum ada statement resmi dari HYBE jika para member BTS akan melaksanakan wajib militer. BTS memang memberikan pengaruh yang cukup besar untuk perekonomian serta reputasi Korea Selatan.

RM and the gank ini menjadi Kpop group pertama yang berpidato Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan mendukung kampanye UNICEF Generation Unlimited untuk menemukan solusi supaya setiap anak muda bersekolah, pelatihan dan bekerja sesuai usia. BTS juga mendonasi uang untuk gerakan #BLACKLIVESMATTER, ARMY juga turut berkontribusi lho, Teman iStyle, dan masih banyak lagi prestasi BTS yang mempengaruhi Korea Selatan.

Kita tunggu kabar selanjutnya apakah para member BTS akan wajib militer?

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.