Lifestyle - 21 August 2021

3 Tempat Autentik Berburu Street Food di Seoul

Agatha Febry - 21 August 2021
3 Tempat Autentik Berburu Street Food di Seoul

Teman iStyle yang suka nonton drama Korea pasti gak asing lagi kan sama beberapa makanan yang muncul di drama. Nah kalau kamu berkesempatan untuk langsung ke Korea, tempat pertama yang terpikirkan untuk membeli jajanan tersebut pastilah Myeongdong. 

Hmm, for your information warga Korea lokal itu gak pernah atau jarang lho berkunjung ke Myeongdong untuk menikmati aneka jajanan atau street food. Selain karena penuhnya wisatawan asing, street food di Myeongdong juga memiliki harga yang mahal. 

Lalu dimana sih tempat autentik untuk berburu street food khas Korea di Seoul dengan harga terbaik? Teman iStyle bisa simak berikut ini! 

Sumber foto: Google

Gwangjang Market

Gwangjang Market adalah pasar tradisional berskala besar yang terletak di tengah Kota Seoul. Menariknya, pasar ini berkembang menjadi daerah wisata semenjak banyak diliput oleh salah satu variety show Korea terkenal, yaitu ‘Running Man’. 

Karena sudah menjadi daerah wisata, bisa dibilang sangat mudah untuk menemukan wisatawan asing disini. Ada juga lho beberapa makanan khas dari Gwangjang Market yang bisa Teman iStyle temui disini! 

Di antaranya ada pajeon, japchae, sundae dan jokbal. Kamu juga bisa menikmati sannakji atau gurita mentah dan hidup serta yukhoe atau daging sapi mentah dengan telur mentah disini. 

Sumber foto: Youtube (Mark Wiens)

Untuk harganya makanan di Gwangjang Market bisa dikategorikan sebagai harga normal Korea. Haemul Pajeon (seafood pancake) adalah salah satu kedai di Gwangjang Market yang cukup dikenal memiliki sajian yang enak, bersih, dan harganya yang bersahabat. 

Kelebihan Gwangjang Market adalah area makannya yang nyaman, gak seperti tempat lainnya. Hal ini dikarenakan settingan dari tempat ini berupa restoran-restoran kecil, jadi gak menimbulkan kerumunan. 

Jam buka resmi Gwangjang Market adalah 08.30-18.00 untuk toko-toko umumnya dan 08.30-23.00 untuk kedai makanan. 

Baca juga:

Bikin Sundubu Jjigae, Makanan Favorit JB GOT7!

BBQ ala Korea di Rumah? Begini Resep Marinasinya

Sumber foto: Google

Hongdae dan Daehakro

Hongdae merupakan daerah yang menjadi pusat berkumpulnya anak muda di Seoul. Terkenal dengan hiburan malam mahasiswa yang seru, Hongdae dihiasi dengan lounge karaoke dan club yang menampilkan musik techno, hip-hop, dan rock secara live

Bisa dibilang Hongdae lebih dikenal dengan street performance dan area belanjanya yang cukup murah. Untuk sebuah pusat keramaian, tempat ini cukup luas dan terkoneksi ke cafe street di sekitar. 

Sama seperti Hongdae, Daehakro merupakan daerah yang sama sama menjadi pusat berkumpulnya anak muda di Seoul. Bedanya adalah Daehakro merupakan pusat teater dan musikal skala kecil hingga medium di Korea. 

Terdapat tempat-tempat nongkrong artistik seperti Marronnier Park, dengan pertunjukan musik dan teater outdoor di Daehakro. Meskipun Hongdae dan Daehakro memiliki pesona yang berbeda, keduanya punya area jajanan yang cukup memadai.

Sumber foto: Youtube (Seoul Walker)

Untuk street food-nya sendiri, di Hongdae dan Daehakro terdapat jajanan seperti aneka macam sate, tteokbokki, goreng-gorengan hingga churros ada disini. Kelebihan Hongdae adalah kios-kios jajanan di dalamnya sudah buka dari siang hari, gak seperti Myeongdong yang hanya buka di sore hingga malam hari.

Kalau di Hongdae, kamu bisa menikmati jajanan sambil berjalan-jalan di Picasso Street yang dipenuhi mural, serta menonton pengamen menari tarian khas K-pop dan bermain gitar solo. Disini juga terdapat deretan toko pakaian indie dan kafe unik serta bar dan tempat makan kasual yang menyajikan ayam goreng dan sup kimchi.

Kalau di Daehakro, kamu bisa berkunjung ke kedai street food yang menyediakan waffle dan serta makanan Korea lainnya sambil menyusuri pertokoan indie kecil yang menjual pakaian trendi. Karya-karya eksperimental oleh seniman baru juga menjadi daya tarik di Arko Art Centre. 

Daehakro terletak di area sekitar exit 4 Stasiun Hyehwa (line 4). Sedangkan jajanan di Hongdae ada di area sekitar exit 8 dan 9 Stasiun Hongik University (line 2) atau di arah Bershka/ Trick Art Museum Hongdae.

Sumber foto: Youtube (Seoul Walker)

Yeongdeungpo

Yeongdeungpo sebenarnya merupakan area perdagangan lama yang kini mulai berubah sejak hadirnya Times Square, salah satu mall terbesar di Seoul. Yeongdeungpo ramai oleh kalangan pegawai, karena ada banyak pusat keuangan, gedung parlemen dan juga stasiun TV KBS di area sana. 

Ada banyak titik yang bisa dijelajahi di sekitar Stasiun Yeongdeungpo. Untuk street food, rekomendasi terbaik adalah di sekitar exit 3 Stasiun Yeongdeungpo.

Meski area ini ramai hingga dinihari, ada baiknya Teman iStyle berkunjung sekitar pukul 8-10 malam. Hal ini dikarenakan semakin malam akan semakin banyak pegawai yang keluar untuk minum yang mungkin membuat kurang nyaman. 

Gimana, udah gak sabar jalan-jalan ke Seoul selesai pandemi nanti untuk mencoba jajanan Korea paling autentik di tempat-tempat diatas kan?

Comments

You must Register or Login to post a comment.