Beauty - 16 March 2021

Ini Dia Perbedaan Ampoule Dengan Essence

Berlin Belladina - 16 March 2021
Ini Dia Perbedaan Ampoule Dengan Essence

Dalam tren kecantikan K-Beauty yang makin hits sekarang ini, kita disuguhkan pada pilihan produk kecantikan dan perawatan kulit yang sangat beragam. Jumlah kategori dan istilah produk yang setiap hari makin bertambah pun mungkin akan membuat kamu yang belum terbiasa dengannya jadi bingung perbedaan di antara mereka. Salah satu yang paling sering ditanyakan adalah apa sih sebetulnya perbedaan antara serum, ampoule, dan essence. Bagi yang belum terbiasa, ketiganya mungkin terlihat sama saja, tapi pada kenyataannya, masing-masing punya fungsinya sendiri dalam rutinitas kecantikan kita. Supaya Teman iStyle tidak bingung lagi, berikut ini adalah penjelasan untuk ketiganya dan rekomendasi produk yang harus kamu coba agar makin terlihat cantik tanpa batas.

Essence

Sebagai bagian penting dalam konsep perawatan kecantikan Asia, essence berguna agar semua produk lain yang kita gunakan bisa meresap ke lapisan kulit lebih dalam dan memberikan hasil yang maksimal. Tekstur essence sendiri umumnya lebih cair dibanding serum biasa atau ampoule. Namun walaupun kandungannya terasa ringan, namun essence bekerja secara optimal agar kulit kita lebih siap menerima paparan produk lainnya. Kebanyakan formula di essence memiliki konsentrat yang rendah, karena itu umumnya kita bisa menemukan essence dalam kemasan botol besar dan warna yang hampir terlihat bening.

Belakangan ini muncul juga kategori baru seperti “treatment toners” atau “treatment essence” yang kandungannya lebih kental dari toner biasa karena sudah dilengkapi dengan nutrisi dan bahan aktif seperti anti aging. Karena itu, mereka bisa menjadi alternatif dalam rutinitas perawatan kulit kita. Salah satu yang bisa Teman iStyle coba adalah Pyunkang Yul Essence Toner yang direkomendasikan untuk jenis kulit kering dan kombinasi karena mengandung milk vetch root extract yang kaya akan isoflavonoid untuk memberikan kesegaran pada kulit kering dan menjaga elastisitasnya. Tips tambahan saat memakai essence adalah langsung mengaplikasikannya ke kulit wajah secara lembut dibanding menuangkannya ke kapas agar produk tidak ada yang terbuang dengan percuma.

Serum

Di antara produk perawatan kulit layerable lainnya, serum mungkin yang paling dikenal banyak orang. Hampir semua brand kecantikan memiliki produk serum dalam koleksi mereka. Biasanya, serum memiliki konsentrat yang lebih kental sehingga kita cuma perlu beberapa tetes saja saat memakainya. Agar hasilnya optimal, cari serum dengan kandungan aktif yang memang membantu masalah kulit kita secara spesifik. Kalau kulit wajahmu terlihat kusam dan lelah, pilih serum pencerah kulit dengan kandungan Vitamin C agar wajah jadi lebih segar seketika. Begitu pun dengan masalah kulit yang spesifik lainnya. Bila kulit kamu terasa kering, kamu bisa memakai serum dengan kandungan hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit wajah dengan seketika.

Ampoule

Produk ampoule mungkin terlihat mungil dan cantik, tapi kandungan di dalamnya punya manfaat ampuh bagi kulit kita. Ampoule diformulasikan dengan konsentrat bahan aktif yang lebih tinggi dibanding serum atau essence sehingga manfaatnya akan sangat terasa untuk kulit yang bermasalah. Di Korea, ampoule tidak hanya dipakai sebagai pengganti serum, tapi juga menjadi bagian dalam perawatan kulit intensif selama 2 sampai 4 minggu dengan cara dipakai sebelum essence atau serum untuk memaksimalkan rutinitas kecantikan. Saat kulit kita butuh perawatan ekstra, memakai ampoule sebelum essence sangat dianjurkan. Pyunkang Yul Moisture Ampoule bisa menjadi pilihan kita karena mengandung ekstrak akar barberry yang membantu membentuk lapisan pelembap yang kuat pada kulit, mendinginkan kulit yang meradang atau iritasi, serta menghilangkan partikel kimia yang bisa menyebabkan masalah pada kulit wajah kita.

Pada akhirnya, kita gak perlu sampai stres kok memikirkan apakah sebuah produk termasuk essence, serum, atau ampoule karena ketiganya punya kandungan aktif yang bermanfaat ketika diaplikasikan dalam rutinitas perawatan kulit kita. Biasanya ketiganya dipakai setelah tahap cleansing & toning dan sebelum memakai moisturizer. Tipsnya adalah pilih bahan kandungan yang bisa mengatasi masalah kulit kita dengan spesifik dan tekstur yang tepat untuk jenis kulit kita.

Pertanyaan lain yang sering muncul adalah boleh gak sih kita mengaplikasikan essence, serum, dan ampoule secara bertumpuk (layering)? Jawabannya: boleh banget. Contohnya, saat kamu merasa kulit kamu kering, kamu bisa memakai serum dengan fungsi menghidrasi dan digabungkan dengan essence yang mengatasi masalah kulit utama kita. Yang harus diperhatikan saat bermain layering dalam memakai produk perawatan kulit adalah pakai produk dengan konsentrat atau kandungan paling ringan terlebih dahulu sebelum produk yang lebih pekat formulanya.

Kalau Teman iStyle masih bingung mau pakai yang mana terlebih dahulu, coba saja pakai essence dan ampoule secara bersamaan seperti Pyunkang Yul Essence Toner dan Pyunkang Yul Moisture Ampoule yang keduanya bekerja secara sinergis dan saling melengkapi agar hasilnya lebih terasa optimal di kulit kita. Jadi jangan ragu to get them both sekarang juga dengan penawaran khusus Korean Beauty Fair hanya di iStyle.id!

Comments

You must Register or Login to post a comment.