Beauty - 24 February 2021

Tips Bibir Sehat & Anti Pecah-pecah

Berlin Belladina - 24 February 2021
Tips Bibir Sehat & Anti Pecah-pecah

Punya bibir yang cantik dan sehat sempurna tentu menjadi keinginan semua orang karena mampu membuat wajah kita jadi terlihat makin segar dan menarik. Karena itu, kita harus rajin menjaganya dari berbagai masalah, termasuk bibir kering dan mudah pecah-pecah.

Walaupun sepintas terlihat sepele, tapi kondisi yang dalam istilah medis disebut sebagai cheilitis ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius sekaligus membuat penampilan kita jadi kurang menarik. Berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk menjaga bibir kita tetap sehat dan terhindar dari kondisi tersebut, kita simak yuk Teman iStyle!

Memakai Lip Balm Dengan Kandungan Tabir Surya

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit bibir kita jadi mudah pecah-pecah, baik faktor eksternal maupun dari diri kita sendiri. Kulit di bagian bibir jauh lebih tipis dan halus dibanding kulit di bagian tubuh lain sehingga faktor eksternal seperti sengatan sinar matahari atau udara dingin membuatnya mudah kering, terkelupas, dan pecah-pecah. Untungnya, beberapa produk lip balm saat ini sudah dilengkapi kandungan SPF yang bisa melawan penyebab bibir pecah-pecah dari faktor cuaca dan lingkungan. Pilih lip balm dengan tabir surya SPF 25 seperti Kiehl’s Butterstick SPF 25 warna Rose yang juga berfungsi sebagai antioksidan karena kandungan Lemon Butter dan menjaga bibir tetap terhidrasi hingga 12 jam setelah pemakaian.

 

Rajin Minum Air Putih

Dari sisi anatomi, bibir tak punya kelenjar minyak sehingga tak bisa melembapkan dirinya sendiri, karena itu sebagian orang punya kebiasaan menjilat bibir sendiri agar tampak basah dan lembap, padahal hal itu justru membuat bibir cepat kering dan iritasi karena kandungan enzim pencernaan di air liur kita. Salah satu penyebab bibir pecah-pecah adalah kurang asupan cairan alias dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan menyerap simpanan air dari area-area tubuh tertentu untuk menjaga sel di bagian tubuh lain tetap terhidrasi. Hasilnya, kulit akan terasa kering, termasuk bibir. Perbanyak minum air putih di sela aktivitas untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh kita ya, Teman iStyle!

 

Lindungi Bibir dari Debu dan Angin

Kebiasaan memakai masker saat bepergian selain melindungi kita dari virus ternyata juga bisa membantu melindungi bibir dari paparan debu, sinar matahari, dan udara kering di sekitar kita. Angin kering yang membawa debu polusi dapat menyebabkan iritasi pada kulit bibir yang pecah-pecah, jadi jangan lupa dilindungi saat kamu berada di luar ya, Teman iStyle.

Cek Bahan-bahan Dalam Produk Lip Balm yang Akan Dipakai

Dari sekian banyak produk lip balm yang ada di pasar saat ini, kita harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih yang terbaik untuk bibir kita. Contohnya, lip balm berbahan menthol atau mint mungkin terasa sejuk saat dikenakan, namun kandungan mint ternyata punya sensasi kesat yang membuat bibir lebih mudah terkelupas. Selain mint, bahan-bahan yang membuat kering bibir lainnya adalah camphor dan phenol, begitu juga produk bibir dengan perasa dan aroma artifisial yang cenderung mengeringkan bibir. Bahan-bahan yang direkomendasikan adalah petroleum, lanolin, beeswax, dan ceramides. Kamu bisa mencoba Dr. Bronner’s Organic Unscented Lip Balm yang mengandung bahan-bahan organik seperti beeswax, jojoba oil, dan avocado oil. Serunya, produk ini gak cuma bisa dipakai untuk bibir saja tapi juga kulit bagian tubuh lain yang kering dan butuh kelembapan ekstra.

 

Memakai Produk Berbahan Alami

Masih kurang yakin dengan lip balm di drug store? Mungkin bahan-bahan alami bisa menjadi pilihanmu. Beberapa bahan alami punya khasiat melembapkan dan menyejukkan bibir, di antaranya adalah: aloe vera alias lidah buaya, minyak kelapa, madu, mentimun, dan teh hijau. Lidah buaya, minyak kelapa, dan madu mampu melawan peradangan dan mikroba penyebab infeksi bibir, sementara kantung teh hijau yang sudah diseduh bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator alami dengan cara menempelkannya dengan lembut di bibir untuk mengangkat kulit mati serta membuatnya tetap halus.

 

Menjauhi Rokok

Merokok dapat menyebabkan iritasi pada bagian sensitif di sekitar kulit bibir yang membuatnya jadi kering dan mudah iritasi. Itu sebabnya bibir perokok cenderung lebih hitam dan kering bila dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Jadi, sebaiknya memang hindari rokok ya kalau ingin bibir tetap merona cantik dan segar.

 

Kurangi Makanan Asam dan Pedas

Saat bibir kita mengalami pecah-pecah, hindari atau kurangi dulu mengonsumsi makanan asam dan pedas, termasuk buah-buahan seperti jeruk yang walaupun kandungan vitamin C di dalamnya menyehatkan tapi kandungan asamnya dapat membuat bibir perih dan iritasi. Begitu juga makanan pedas yang dapat mengiritasi kulit bibir.

Rutin Mengeksfoliasi Kulit Bibir

Bibir pecah-pecah diselimuti oleh lapisan kulit kering yang dapat mencegah kandungan sehat dalam lip balm yang kamu pakai, oleh karena itu ada baiknya kita melakukan proses eksfoliasi kulit bibir terlebih dulu. Kita bisa mencoba produk lip scrub yang mengandung gula atau baking soda seperti Lush Bubblegum Lip Scrub untuk mengelupas kulit bibir secara halus sekaligus membuat bibir tetap lembut dan lembap.

Kuncinya adalah memadukan gaya hidup yang sehat dengan memilih produk perawatan bibir yang berkualitas dan bisa kamu dapatkan di iStyle.id, happy shopping Teman iStyle!

Comments

You must Register or Login to post a comment.

  • Clara
    06 March 2021
    Nice